KAPOLRES PARIAMAN TINJAU " KREASI " BHABINKAMTIBMAS POLSEK SUNGAI LIMAU

Kapolres Pariaman Tinjau “Kreasi” Bhabinkamtibmas Polsek Sungai  Limau

PARIAMAN, Pionir—Dari data yang ada di Pemerintahan Kota Pariaman, hingga saat ini masih banyak tanah ulayat yang tidak dimanfaatkan untuk kegiatan produktif di daerah itu. Sedikitnya terdapat 1.000 hektar lahan kosong dan tidak dipergunakan di kota itu. 

Memanfaatkan lahan tidur itu agar bisa menjadi produktif, Aiptu Rilfadinoer, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman yang termasuk dalam wilayah hukum Kepolisian Resor (Polres) Pariaman Kota memulai budidaya ikan konsumsi di kolam ikan yang dibuatnya sendiri. 

Memanfaatkan lahan sempit di pekarangan rumahnya Aiptu Rilfadinoer membuat kolam ikan dari semen dengan ukuran sekitar 5 meter × 20 meter. Dengan memanfaatkan lahan di dekat rumahnya kata Rilfadinoer, modal usaha yang dikeluarkan pun relatif lebih murah, kebutuhan pemenuhan sarana media juga bisa ditekan. 

“Lahan yang dekat dengan hunian memungkinkan pengontrolan yang lebih mudah karena skala usaha relatif kecil. Usaha juga tidak begitu mengganggu jika menggunakan lahan di tempat umum karena tidak terlalu luas. Selain itu, kebutuhan tenaga kerja dapat dilakukan oleh keluarga. Anggota keluarga bisa bahu-membahu dan terjun langsung untuk membudidayakan beragam jenis ikan konsumsi di pekarangan,” kata Rilfadinoer. 
Selain Aiptu Rilfadinoer, personel Kepolisian Resor (Polres) Pariaman yang juga berusaha memanfaatkan lahan tidur menjadi produktif adalah Brigadir Indel Supriyadi, Bhabin Malai V Suku Timur, yang memperdayakan lahan kosong seluas 10 hektar untuk bercocok tanam jagung serta membuka lahan kerja bagi masyarakat setempat. 

Menurut Kasubbag Humas Polres Pariaman AKP Syafrudin L pada pionir, Rabu 10 Juni 2020, mengetahui usaha inovatif yang dilakukan Bhabinkamtibmas itu Kapolres Pariaman AKBP Deny Rendra Laksmana M.Psi, pada Selasa sore 9 Juni 2020, melaksanakan survei ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh dua orang anggota Polsek Sungai Limau itu guna dikembangkan pula pada Bhabinkamtibmas lainnya. 

“Pada hari itu bapak Kapolres didampingi para pejabat utama Polres Pariaman, Kapolsek Sei Limau Iptu Nasirwan, Wali Nagari Malai V Suku Timur, Buyung Intan dan masyarakat setempat melihat lahan tidur yang telah diolah menjadi lahan produktif oleh Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Limau itu,” kata Syafrudin. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.