KAPOLSEK SIKABALUAN INGATKAN PETINGNYA TOLERANSI UMAT BERAGAMA

KAPOLSEK SIKABALUAN INGATKAN PETINGNYA TOLERANSI UMAT BERAGAMA

MENTAWAI, Pionir-- “Meski corona datang, toleransi beragama tak boleh lekang”. Itulah kalimat pemersatu yang selalu diucapkan Kapolsek Sikabaluan, Polres Kapulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Jennedi pada masyarakat di wilayah hukumnya. 

Iptu Jennedi kepada Pionir Senin 3 Agustus 2020 mengatakan bahwa ia sangat menyadari semua anjuran pemerintah itu demi menekan angka penyebaran Covid-19. Ia mengatakan, meski kumpul-kumpul dilarang, menjaga toleransi antarumat beragama tak boleh diabaikan. 

Karena itulah kata dia menambahkan, di masa adaptasi kebiasaan baru saat ini, pada hari Minggu 2 Agustus kemarin, ia bersama beberapa orang personel Polsek Sikabaluan melaksanakan pengamanan pelaksanaan ibadah umat kristiani di Gereja Katholik St Maria Muara Sikabaluan. 
Kesempatan itu kata Jennedi, juga dimanfaatkannya untuk menyampaikan imbauan tentang toleransi antar umat beragama. 

“Dalam kegiatan tersebut kita tidak lupa memberikan pesan Kamtibmas mengenai ikut serta bersama sama menjaga toleransi dan kerukunan antar umat beragama yang selama ini sudah terjalin dengan baik serta mengantisipasi masuknya kelompok teroris dan memeberitahukan apabila ada orang yang mencurigakan segera melaporkan kepada pihak Kepolisian,” kata Jennedi. 

Dikatakannya, dengan meningkatkan toleransi beragama dan saling harga menghargai akan dapat terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif. 

“Manusia adalah makhluk hidup sekaligus sebagai mahkluk sosial, karena itu dituntut untuk mampu berinteraksi dengan individu lain dalam rangka memenuhi kebutuhannya. 

Untuk menjalani kehidupan sosial dalam bermasyarakat, sangatlah penting akan namanya toleransi antar umat beragama,” kata Jennedi. 
Sikap saling menghormati dan saling menghargai antar sesama umat beragama kata Jennedi menjelaskan, dapat menghilangkan gesekan-gesekan yang dapat menimbulkan pertikaian. 
Saat itu Kapolsek Sikabaluan Iptu Jennedi juga mengucapkan terimakasih kepada jemaat Gereja Katholik St Maria Muara Sikabaluan, yang mana selama ini tetap solid dan saling membantu dalam setiap kegiatan kemasyarakatan tanpa memandang suku maupun agama. 

Selain itu, di luar gereja personil Polsek Sikabaluan juga melakukan pengaturan lalu lintas di depan gereja serta mengimbau para jemaat agar menggunakan masker saat beribadah dan mengikuti protokol kesehatan terkait penerapan adaptasi kebiasaan baru guna memutus mata rantai Covid-19. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.