KAPOLSEK SIPORA MINTA WARGA HENTIKAN AKTIFITAS SAAT DETIK-DETIK PROKLAMASI 

KAPOLSEK SIPORA MINTA WARGA HENTIKAN AKTIFITAS SAAT DETIK-DETIK PROKLAMASI 

MENTAWAI, Pionir--Ada yang tampak berbeda pada Senin pagi 17 Agustus 2020 itu di wilayah hukum Polsek Sipora, Polres Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar). Pada hari itu segenap warga di pasar, pertokoan, lampu merah, jalan-jalan, semuanya berhenti sejenak dari aktivitasnya sekitar jam 10.17-10.20 WIB. 

Manakala sirine berbunyi, penanda detik-detik proklamasi, semua warga yang beraktivitas langsung berhenti. Mereka pun mengambil sikap sempurna dan menghormati detik-detik proklamasi kemerdekaan. 

Apa yang terjadi pada hari itu ternyata tak lepas dari sosialisai yang telah dilakukan Kapolsek Sipora Iptu Donny Putra SH, MH bersama personelnya. Bahkan sebelum detik-detik proklamasi itu, personel Polsek Sipora pada jam 08.30 WIB masih berjibaku mengimbau masyarakat mempergunakan toa (pengeras suara) sambil berjalan kaki serta melalui pengeras suara di Masjid Nurul Iman Sioban, agar masyarakat menghentikan kegiatan pada saat detik-detik proklamasi dan sirene berbunyi sekitar pkl. 10.15 wib agak sebentar kira-kira 3 sampai 5 menit. 
Tugas untuk mengingatkan mayarakat tersebut diserahkan Kapolsek Sipora Iptu Donny Putra kepada para Bhabinkamtibmas bersama Bhabinsa Koramil 03 Sipora. 

Saat itu Bhabinkamtibmas bersama Bhabinsa Koramil 03 Sipora menyampaiakan agar masyarakat menghentikan aktifitas dan kemudian mengambil sikap berdiri siap (berdiri lurus tanpa gerakan) sebagai rasa turut menghargai dan menghormati berlangsungnya detik-detik proklamasi negara RI. 

Dikatakan Donny Putra, kegiatan ini dilakukan sebagai penghormatan kepada negara dengan mengheningkan cipta saat detik-detik proklamasi. 

"Semua warga menghentikan aktivitasnya tepat pada detik-detik proklamasi HUT ke-75 RI, jam 10.17 hingga 10.20 WIB. Mereka mengambil sikap sempurna dan hormat saat sirine berbunyi," ujar Donny pada Pionir. 
Dikatakanya, hampir setiap persimpangan jalan dijaga oleh petugas dari Polsek Sipora, Koramil dan lainnya, dengan sirine, yang dibunyikan tepat saat detik proklamasi. 

"Kami menyiapkan petugas ke persimpangan jalan untuk memantau, agar warga berhenti sebagai bentuk penghormatan saat detik-detik Proklamasi," ungkap Donny Putra. (Firman Sikumbang) 


Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.