POHON KAYU TUMBANG, AKSES JALAN BUKITTINGGI- MATUR VIA PANTA SATU TERTUTUP 

POHON KAYU TUMBANG, AKSES JALAN BUKITTINGGI- MATUR VIA PANTA SATU TERTUTUP 

BUKITTINGGI, Pionir--Hujan lebat dan angin kencang menguyur Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dalam beberapa hari ini banyak menimbulkan bencana Alam diberbagai daerah. Salah satunya yang terjadi di Kota Bukittinggi. Akibat tingginya curah hujan disertai angin kencang itu, Pada Kamis tanggal 26 November 2020 pukul 05.00 Wib di Jalan Binuang Kelurahan Kayu Kubu Kota Bukittinggi telah terjadi pohon tumbang yang menghambat arus lalu lintas dari Simpang Panta 1 Koto Kabupaten Agam melewati Ngarai menuju ke kota Bukittinggi, macet total. 

Untung saja tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Hanya, harus lalu lintas macet selama 2 jam, kata Kapolsek Kota Bukttinggi AKP Dedy Adriansyah Putra, SH, S.IK pada Pionir Kamis 26 November 2020. 

Dikatakan AKP Dedy Adriansyah Putra, SH, S.IK pohon tumbang itu diketahui saat petugas sedang melakukan patroli bencana disaat kota Bukittinggi diguyur hujan lebat. "Kami juga sudah memprediksi saat itu, akan terjadi bencana longsor dan pohon tumbang. Karna intensitas hujan cukup tinggi dan tidak henti henti sejak dari semalam. Akhirnya prediksi tersebut menjadi kenyataan." Katanya. 

Dikatakan Dedy, akibat kejadian itu,  akses jalan Bukittinggi - Matur via Panta satu tertutup, sehingga membuat arus lalu lintas kendaraan roda empat tidak dapat melintas, katanya

Dengan adanya musibah pohon tumbang tersebut, kata Dedy menambahkan, ia melakukan koordinasi dengan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bukittinggi untuk menanggulangi kejadian tersebut.  

“Hari itu kita perintahkan Bhabinkamtibmas Kelurahan Kayu Kubu Kecamatan Guguk Panjang Bripka Risyanto SH untuk menuju lokasi bencana bersama Babhinsa,” kata Dedy Adriansyah Putra 

Dikatakan Dedy setelah Bhabinkamtibmas Polsek kota Bukittinggi bersama Babhinsa, serta tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan masyarakat setempat dapat mengatasi persoalan yang terjadi “Akhirnya sekira jam 07.00 WIB jalan tersebut berhasil dibersihkan, sehingga arus jalan  Bukittinggi - Matur via Panta satu itu kembali lancar,” ungkap Dedy Adriansyah Putra. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments