TIM SAR KELAS B MENTAWAI SIAP AMANKAN NATAL DAN TAHUN BARU 

TIM SAR KELAS B MENTAWAI SIAP AMANKAN NATAL DAN TAHUN BARU 

MENTAWAI, Pionir—Dalam menghadapi Natal tahun 2020 dan tahun baru 2021 Tim Pencarian dan Penyelamatan atau Search and Rescue (SAR) Kelas B Kabupaten Kepulauan Mentawai telah menyiapkan puluhan personel yang diterjunkan ke lapangam bersama pimpinan, staf, rescuer, dan ABK. 

Dalam operasi itu Tim SAR juga terus berkoordinasi dengan stakholder terkait. Tak hanya itu, beberapa perlengkapan sudah disiapkan seperti KN SAR Ramawijaya 240 Mentawai, RIB 01 dan 02 Mentawai, perahu karet, jetsky, alat selam, rescue truk, rescue dymex, rescue carrier, truk personil, motor trail, alat mountenering, alat medis, alat komunikasi dan bantu navigasi, serta perlengkapan protokol kesehatan. 

Selain itu alat mountenering, peralatan medis, alat komunikasi dan bantu navigasi serta perlengkapan protokol kesehatan Covid-19 juga telah disiapkan pula. Puluhan personel yang diterjunkan itu pun disebar di dua posko, yaitu kantor pencarian dan pertolongan serta Dermaga Tuapejat KN SAR Ramawijaya 240 Mentawai. Masyarakat bisa memberikam laporan ke kantor tersebut apabila terjadi sesuatu. 

Sementara di Sipora, tim akan patroli di 6 titik, yaitu di Dermaga Tuapejat, Pantai Jati, Pantai Mappadegat Selatan, pantai Goiso’ Oinan, Bandara Rokot dan Dermaga Sioban 

Pernyataan itu disampaikan Kepala Kantor SAR Kelas B Mentawai, Akmal pada Pionir Kamis 24 Desember 2020. Kepada Pionir, Akmal pun memastikan Tim Pencarian dan Penyelamatan atau Search and Rescue Kelas B Kabupaten Kepulauan Mentawai yang berjumlah 24 orang, terus berpatroli di beberapa titik di Kepulauan Sipora, yang telah dimulai sejak Jumat 18 Desember 2020 sampai Senin 4 Januari 2021. 

Dikatakan Akmal untuk di luar pulau Sipora, meliputi Pulau Siberut, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan akan tetap dimonitor oleh tim. 

“Posko siaga SAR kita ada di dua tempat, yaitu di Kantor SAR Mentawai dan di Dermaga Tuapejat yaitu KN SAR Ramawijaya 240 Mentawai, masyarakat juga bisa melapor langsung ke posko tersebut,” ujar Akmal. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments