KAPOLRES PADANG PANJANG JADIKAN TADARUSAN SEBAGAI PROGRAM TETAP

KAPOLRES PADANG PANJANG JADIKAN TADARUSAN SEBAGAI PROGRAM TETAP

PADANG PANJANG, Pionir—Kapolres Padang Panjang, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKBP Apri Wibowo S.IK sepertinya sangat memahami bahwa ibadah tadarus selain kaya pahala, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari ibadah tadarus tersebut. Tak mengerankan bila Apri Wibowo menjadikan  kegiatan tadarus tersebut menjadi salah satu program tetap di Polres Padang Panjang.

“Pada hari Senin 15 Februari 2021 jam 08.30 WIB kitabaru saja melaksanakan kegiatan rutin yaitu tadarus yang dilaksanakan di Mushala Baitul Khoir.  Kegiatan tersebut diikuti Kabag Ren, Kabag Sumda, Kasubbag Humas dan sekitar 15 orang personil Bintara Polres Padang Panjang,” kata Apri Wibowo saat dihubungi Pionir, Selasa 16 Februari 2021.

Dikatakan Apri Wibowo, tadarusan tersebut memiliki banyak banwaat, diantaranya memberikan ketenagan jiwa.

“Saat melakukan tadarus Alquran, orang-orang beriman akan merasa lebih dekat dengan tuhannya. Hal itu tentu saja akan mendatangkan ketenangan jiwa. Manfaat seperti ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mental, terutama di masa-masa sulit seperti sekarang,” kata Apri Wibowo. 

Selain itu kata dia menambahkan, tadarus juga sebagai sarana untuk mengisi waktu dengan kegiatan positif sambil mentaati anjuran untuk #DiRumahAja.

Tadarus kata Apri Wibowo juga dapat  melatih konsentrasi dan daya ingat, karena bahasa yang digunakan di dalam Alquran sudah tentu bukan bahasa ibu orang-orang Indonesia. Huruf yang digunakan juga bukan huruf latin yang akrab dibaca sehari-hari. 

“Perpaduan kedua hal tersebut menuntut kita untuk berkonsentrasi saat membaca Alquran, dan hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan otak. Tak hanya meningkatkan kinerja otak, ternyata membaca Alquran juga bisa mencegah dari kepikunan. Hal itu sejalan dengan hadist nabi yang diriwayatkan oleh Muslim yang berbunyi “Barang siapa yang membaca Alquran (secara terus menerus) tidak akan terjerumus ke dalam kepikunan. Luar biasa sekali, ya, manfaat dari membaca kitab suci umat muslim ini !,” ujar AKBP Apri Wibowo. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.