POLSEK TILATANG KAMANG KAWAL PENGEMBALIAN SISA VAKSIN COVID-19

POLSEK TILATANG KAMANG KAWAL PENGEMBALIAN SISA VAKSIN COVID-19

BUKITTINGGI, Pionir—Seperti diketahui Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, telah menuntaskan pendistribusian Vaksin Covid-19 ke ke-23 puskesmas dan RSUD di daerah itu. Vaksin tersebut diantarkan langsung oleh Dinas Kesehatan, yang dikawal anggota Polres Agam beberapa hari lalu.

Menurut informasi yang diperoleh Pionir, vaksin untuk Kabupaten Agam sebanyak 2.600 vial ini didistribusikan baru untuk satu kali penyuntikan sebanyak 1.300 vial, yang akan disuntikan ke 1.292 orang tenaga kesehatan.

Sedangkan 1.300 vial lainnya didistribusikan jika akan melakukan penyuntikan kedua. Jarak penyuntikan pertama dengan kedua selama 14 hari.

Sementara itu vaksinasi telah dilaksanakan semenjak 1 Februarui 2021 lalu, yang sebelumnya dilakukan pencanangan di Kantor Bupati Agam sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah pencanangan dilakukan penyuntikan vaksin pertama ke sejumlah pejabat Agam, yang namanya sudah terdaftar di Dinas Kesehatan. Pencanangan disaksikan seluruh puskesmas secara virtual.

Sebelum penyuntikan, peserta diperiksa kondisinya terlebih dahulu, apabila peserta mengalami hipertensi, maka vaksinasi tidak dapat dilakukan.

Penyuntikan vaksin Covid-19 itu juga telah dilakukan oleh pihak Puskesmas Pakan Kamis Kecamatan Tilatang Kamang yang secara administratif merupakan wilayah Pemerintahan Kabupaten Agam dan secara yuridis merupakan wilayah hukum Polsek Tilatang Kamang, Polres Bukittinggi, Polda Sumatera Barat (Sumbar).

Bahkan kata Kapolsek Tilatang Kamang Iptu Rommy Hendra Korniawan, SH, MM pada Pionir, Jumat 5 Februari 2021, dari 62 buah vaksin Covid-19 yang diterima yang terpakai hanya 42 buah saja.

“Pada hari Kamis 4 Februari 20 buah vaksin yang tersisa telah dikembalikan oleh pihak Puskesmas Pakan Kamis kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Agam dengan mobil Toyota Innova Kijang Nomor Polisi BA 9920 TK yang dikawal oleh Aiptu Sepdiansyah dan Aipda Irwan Agus, SH yang merupakan personel Polsek Tilantang Kamang,” kata Rommy Hendra. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments