DUA DUSUN DI DUA DESA KECAMATAN SIPORA SELATAN DILANDA BANJIR

iklan adsense

DUA DUSUN DI DUA DESA KECAMATAN SIPORA SELATAN DILANDA BANJIR


MENTAWAI, Pionir—Pagi baru saja “mengucapkan salam” pada Jumat 30 April 2021 itu, tapi warga Dusun Siloam Silaoinan, Desa Saureinu dan Dusun Takkuman Desa Sioban, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat sudah dikejutkan dengan kedatangan banjir.

Kata Kapolsek Sipora, Polres Kepulauan Mentawai Iptu Donny Putra, SH. MH banjir di Dusun Siloam Silaoinan terjadi karna curah hujan yang tinggi serta pasang laut naik,  sehingga air sungai meluap ke badan jalan hingga menggenangi badan jalan sepanjang kira-kira 300 meter dengan kedalaman kira-kira setinggi pinggang orang dewasa. 

Banjir itu kata Donny Putra menambahkan, terjadi sekitar jam 06.00 WIB, yang  mengakibatkan arus lalu lintas Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara menuju Desa Sioban, Kecamatan Sipora Selatan terputus total hingga siang hari.

“Sedangkan banjir yang terjadi di dusun Takkuman Desa Sioban, Kecamatan Sipora Selatan, juga dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi. Selain itu juga disebabkan pasang laut naik hingga air juga meluap ke badan jalan sepanjang kira-kira 15 meter, dengan kedalaman sekira 30 centimeter,” ujar Donny.

Dikatakan Donny Putra, di dusun Takkuman Desa Sioban, Kecamatan Sipora Selatan air mulai meluap sekira jam 04.00 WIB. “Beruntung dalam musibah ini tidak membuat macet arus lalu lintas, sebab kendaraan masih bisa melintas,” terang Donny. 

Selain banjir kata Iptu Donny Putra, saat itu sekitar jam 10.00 WIB juga terjadi pohon tumbang tepatnya di Dusun Takkuman, Desa Sioban. Pohon itu tumbang dengan posisi melintang di badan jalan dan menutup badan jalan.

"Pasca peristiwa pohon tumbang tersebut personel Polsek Sipora, Polres bersama personel Koramil 03/Pulau Sipora serta dibantu masyarakat bergotong royong memotong serta membersihkan pohon tumbang agar bisa dilalui kendaraan yang akan melintas," ujar Iptu Donny Putra. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments