KAPOLSEK KOTA PARIAMAN RANGKUL DUBALANG TINGKATKAN KAMTIBMAS

KAPOLSEK KOTA  PARIAMAN RANGKUL DUBALANG TINGKATKAN KAMTIBMAS

PARIAMAN KOTA, Pionir—Seperti diketahui, ‘dubalang’ bagi orang Minangkabau memiliki arti pengawal atau orang pemberani. Oleh karena itu dubalang menjadi salah satu elemen pada sistem adat Minangkabau dalam lingkup suatu kaum, yang personelnya bertugas khusus untuk mengawal, menjaga keamanan dan ketentraman kaum. Karenanya, dubalang mesti jago silat dan jagoan. 

Di masa lalu, dubalang dipilih dan ditunjuk dari kaum itu sendiri untuk menjaga keamanan dan kehormatan penghulu kaumnya. Beranjak dari kearifan lokal yang telah lama hilang ini, maka pada tahun 2016 Drs. Mukhlis Rahman saat itu menjabat sebagai Walikota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, mencoba menggali potensi dubalang sebagai bagian dari program pembangunan di Pemerintah Kota Pariaman. 

Kala itu Mukhlis Rahman meminta keberadaan dubalang harus berfungsi sebagai upaya kemandirian masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta pelopor kehidupan bernagari.

Setelah pemerintah daerah tersebut melakukan evaluasi ternyata keberadaan dubalang ini mampu menciptakan rasa keharmonisan dan keamanan di tengah masyarakat, sehingga dari tahun ke tahun pemerintah daerah setempat terus mengukuhkan para dubalang .

Melihat fakta ini Kapolsek Kota Pariaman, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Edikaran Prianto, SH.MH pun memanfaatkan peluang tersebut untuk merangkul para dubalang untuk menjaga kamtibmas di daerahnya masing-masing.

Seperti yang dilakukan pada Minggu 18 April 2021, Edikaran Prianto memerintahkan Bhabinkamtibmas Dusun Duku Gadang, Desa Marunggi Aipda Afdhal Bustami untuk melakukan DDS dengan dubalang di Kantor Desa Marunggi.

“Saat itu Aipda Afdhal Bustami bersama dubalang desa membahas berbagai upaya untuk meningkatkan kinerja dubalang dalam wilayah dusun masing masing, guna antisipasi pencurian pada malam hari serta memberikan imbauan supaya menerapakan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari hari, guna memutus mata rantai Covid-19,” ungkap AKP Edikaran Prianto. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.