Kapolsek Pariaman Ingatkan Masyarakat Vaksinasi itu Penting

Kapolsek Pariaman Ingatkan Masyarakat Vaksinasi itu Penting 

PARIAMAN KOTA, Pionir-- Dalam rangka mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat di tengah pandemi virus corona, Kapolsek Kota Pariaman, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Edi Karan Prianto, SH. MH melakukan berbagai upaya untuk mencegah dan meminimalisasi penyebaran serta mengurangi risiko infeksi Covid-19.

Kata Edi Karan yang dihubungi Pionir, Selasa 24 Agustus 2021, langkah lainnya yang dilakukan Polsek Kota Pariaman dalam mencegah dan meminimalisasi penyebaran serta mengurangi risiko Covid-19 adalah dengan melaksanakan kerja dengan mekanisme kerja sesuai dengan perintah Kapolres Pariaman.

“Intinya, kita terus mensosialisasikan pada masyarakat mengenai pentingnya mencuci tangan dengan menggunakan air yang mengalir dan sabun atau hand sanitizer, menutup hidung saat pilek dan menutup mulut saat bersin dan batuk dengan menggunakan sapu tangan atau tisu, menghindari berjabat tangan, menghindari keramaian (semaksimal mungkin berada di rumah) serta menjaga jarak fisik (phisical distancing), dan jangan lupa untuk memakai masker.,” ujar Edi Karan.

Ia pun mencontohkan kegiatan sosialisasi dalam rangka edukasi pencegahan penularan Covid-19 dan percepatan vaksinasi yang diadakan di Desa Cubadak Air Utara, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman pada Senin 23 Agustus 2021.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolsek Kota Pariaman AKP Edi Karan Prianto, sebagai narasumber, Camat Pariaman Utara Ahadi Nugraha S. Stp, M.Si (narasumber), Danramil 01 Pariaman

Mayor Inf. Irwan Taufik (narasumber), Tim Dinas Kesehatan Kota Pariaman Satri Yarlina (narasumber), Kepala Desa Cubadak Air Utara Aminusin Lempa, Bhabinsa, tokoh masyarakat, dan warga Desa Cubadak Air Utara.

Dalam sosialisasi itu Edi Karan mengatakan, bahwa vaksin sangat penting artinya untuk masyarakat saat pandemi Covid￾19 masih berkembang. Vaksin tersebut kata Edi Karan menambahkan, merupakan produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme atau zat yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga aman dan jika diberikan kepada seseorang karena akan membuat kekebalan tubuh secara aktif terhadap suatu penyakit tertentu.

Karena itu kata dia, pemerintah terus mengupayakan pelaksaan suntik vaksin Covid-19 untuk seluruh masyarakat di Indonesia. “Mulai dari awal tahun 2021 hingga saat ini vaksin Covid￾19 terus didistribusikan ke seluruh masyarakat Indonesia. Pemberian vaksin ini merupakan solusi yang dianggap paling tepat untuk mengurangi dan memutus rantai penularan Covid-19,” ujar Edi Karan.

Ia menyebutkan, vaksinasi bertujuan untuk memberikan kekebalan spesifik terhadap suatu penyakit tertentu sehingga jika suatu saat terpapar penyakit tersebut maka hanya akan mengalami gejala yang ringan. Sebaliknya, apabila tidak melakukan vaksinasi maka tidak akan memiliki kekebalan tubuh yang spesifik terhadap penyakit yang seharusnya dapat dicegah dengan pemberian vaksin tersebut.

Apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata, terang Edi Karan, maka akan terbentuk suatu kekebalan kelompok (herd immunity). Selain itu, vaksinasi Covid-19 juga dapat menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial serta ekonomi. “Vaksinasi Covid-19 ini baru dilakukan setelah kepastian keamanan dan keampuhannya ada,” ujarnya (Firman Sikumbang).

Post a Comment

0 Comments