Polwan Puti Singgalang Ingatkan Kaum Pria Tak Lupa Shalat Jumat

Polwan Puti Singgalang Ingatkan Kaum Pria Tak Lupa Shalat Jumat

PADANG, Pionir—Jumat 3 September 2021 itu jarum jam sudah mebunjukan jam 11.30 WIB, namun para Polisi Wanita (Powan) Ditsamapta Polda Sumbar yang tergabung dalam Polwan Puti Singgalang terlihat sudah bersiap-siap melakukan patroli dan melakukan pengamanan (PAM) Shalat Jumat.

Kata Dir Samapta Polda Sumbar Kombes Pol Achmadi SIK apa yang dilakukan Polwan Puti Singgalang itu merupakan kegiatan rutin setiap menjelang shalat Jumat. Dimana, polwan-polwan cantik ini dengan menggunakan mobil patroli akan menjalankan tugas mengimbau para laki-laki untuk melaksanakan salat Jumat di sepanjang jalan yang dilaluinya dan dilanjutkan melakukan penjagaan masjid oleh para Polwaan saat kaum pria melaksanakan shalat Jumat.

Seperti kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat 3 September 2021 lalu. Saat itu Ipda Deli Sukmayanti memimpin personelnya, terdiri dari Briptu Cici Asriani, Bripda Yola Fadila dan  Bripda Revigadef Aurelya melakukan pengamanan di Masjid Raya Sumatera Barat.

Dari Pantauan Pionir, imbauan shalat Jumat bagi kaum laki-laki dan dilanjutkan melakukan penjagaan masjid oleh para Polwaan saat kaum pria melaksanakan shalat Jumat itu mulai ada semenjak jabatan Dir Samapta dijabat oleh Kombes Achmadi secara resmi pada 14 Juni 2021 lalu.

“Program imbauan atau mengingatkan kaum pria beragam Islam untuk melaksanakan shalat Jumat ini juga kita diintegrasikan lewat program penjagaan masjid oleh para Polwaan saat kaum pria melaksanakan shalat Jumat,” kata Achmadi.

Achmadi mengatakan, kegiatan ini sebenarnya berbarengan dengan penertiban dan penjagaan masjid saat salat Jumat guna menghindari pencurian.

Ketika ditanya apakah para Polwan tidak melanjutkan dengan penertiban kaum pria yang masih duduk di warung pada saat shalat Jumat berlangsung, Achmadi menjawabnya dengan bijak. “Untuk penertiban bukan wewenang kami, kalau mengimbau itukan tugas kita bersama,” ujarnya. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments