DALAM RANGKA REFORMASI PERSONEL Dir Polairud Jalankan Reward dan Punishmen

DALAM RANGKA REFORMASI PERSONEL

Dir Polairud Jalankan Reward dan Punishment 

Padang, Pionir—Senin pagi 4 Oktober itu pelaksanaan apel pagi di halaman Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) sedikit berbeda dari hari apel yang rutin dilakukan. 

Saat itu terlihat satu per satu personel Ditpolairud Polda Sumbar mulai memenuhi Lapangan Mako yang berada di kawasan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang itu. Ternyata, kegiatan kali ini beragendakan pemberian penghargaan kepada personel yang berprestasi di bulan Oktober 2021. 

Direktur Polairud Polda Sumbar Kombes Pol Sahat M Hasibuan, S.I.K, MH memimpin langsung kegiatan tersebut tepat jam 08.00 WIB.  

Kombes Sahat mengatakan, ia menginginkan reformasi Polisi di Ditpolairud agar lebih humanis dan memberikan penghargaan kepada anggota berprestasi. Sebaliknya kata dia, bagi oknum yang memperburuk citra polri, maka harus dihukum dengan tegas.

Pemberian penghargaan kepada anggota yang berprestasi dan mengabdi secara tulus ini kata dia menambahkan, merupakan salah satu bentuk reformasi polisi. 

“Karena dengan adanya penghargaan, bisa memberikan motivasi kepada anggota untuk bekerja lebih baik,” kata Sahat.

Karena itulah kata dia, dalam rangka reformasi personel Ditpolairud Polda Sumbar ini pemberian reward dan punishment benar-benar diberikan. 

“Saya memancingnya dengan memberikan penghargaan kepada personel berprestasi dan bekerja dengan tulus, agar menjadi motivasi bagi personel lainnya,” katanya

Sebaliknya, kata Sahat menambahkan, bagi anggota yang salah, aneh-aneh, yang melanggar, yang pada akhirnya membuat citra polri tidak baik, bisa diberi sanksi tegas.

Personel yang berprestasi di bulan Oktober 2021 ini atas nama  Bripka Indra Gomi di Bidang Babinkantibmas daerah Perairan Pesisir Pantai Bungus. 

Dir Polairud Polda Sumbar Kombes Pol Sahat M Hasibuan, dikesempatan itu menyebutkan, kegiatan pemberian penghargaan untuk personel yang berprestasi bertujuan agar memicu semangat kerja dalam menjalankan tugas sebagai anggota kepolisian. 

"Penghargaan kepada personel yang berprestasi ini agar menjadi semangat untuk para personel dalam bertugas, serta rasa tanggung jawab dalam profesi sebagai anggota Polri," tuturnya. 

Pada kesempatan itu pesan moral juga disampaikan kepada seluruh personel Ditpolairud. Saat itu Kombes Pol Sahat M Hasibuan berpesan dan sekaligus menekankan untuk dapat meningkatkan semangat pelayanan kepada masyarakat.

“Satu hal yang perlu diingat, bahwa hakekat pelayanan sebetulnya tidak dilihat dari apa hasil pelayanan tersebut, tetapi dilihat dari bagaimana pelayanan itu diberikan,” pungkasnya.

Usai menyampaikan amanatnya, Dir Polairud menyerahkan penghargaan kepada personel yang berprestasi di bulan Oktober 2021, Bripka Indra Gomi di Bidang Babinkantibmas daerah Perairan Pesisir Pantai Bungus. 

Seperti diketahui jajaran Ditpolairud  merupakan unsur pelaksana tugas pokok Polda yang berada di bawah Kapolda. Ditpolairud bertugas menyelenggarakan fungsi kepolisian perairan yang mencakup patroli, tindakan pertama di tempat kejadian perkara (TPTKP) di perairan, SAR di wilayah perairan, dan Binmas pantai atau perairan serta pembinaan fungsi kepolisian perairan dalam lingkungan Polda. 

Kombes Sahat M Hasibuan juga terima penghargaan

Seperti diketahui, atas kerja-sama yang baik dalam mencegah terjadinya tindak pidana penyelundupan di wilayah perairan Teluk Bayur, Direktur Polairud Polda Sumbar Kombes Pol Sahat M Hasibuan, S.I.K, MH juga menerima penghargaan dari Kantor Pengawasan dan Pelaksanaan Bea dan Cukai Teluk Bayur Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) awal Agustus 2021 lalu.

Menurut Sahat, penghargaan tersebut menjadi sebuah motivasi tersendiri bagi dirinya dalam melaksanakan tugas menjaga keamanan di perairan Sumbar.

"Saya selalu bekerja dengan ikhlas, sebagai abdi negara, Kamtibmas yang kondusif adalah tujuan utama, terutama pada masa pandemi Covid-19, semuanya harus kondusif," ujarnya usai menerima penghargaan tersebut.

Dikatakannya, sudah sepatutnya sebagai personel Ditpolairud Polda Sumbar ikut membantu pihak Bea Cukai dalam mengawasi wilayah perairan demi tugas negara. Sebab, apabila terjadi tindak pidana penyelundupan tentu dapat merugikan negara. 

“Oleh karena itu kami bertekad menjaga wilayah perairan di Sumbar demi mencegah perbuatan tersebut,” katanya. (Firman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments