Persoalan Septic Tank di Desa Padang Birik-birik Tuntas Dengan Mediasi

Persoalan Septic Tank di Desa Padang Birik-birik Tuntas Dengan Mediasi

Pariaman Kota, Pionir - Septic Tank sangat erat hubungannya dengan kesehatan lingkungan bagi masyarakat. Jika hal itu bermasalah, tentu akan berdampak pada pencemaran dan penyebaran berbagai penyakit di lingkungan sekitar. Bukan tidak mungkin, berdampak pada situasi kamtibmas yang kurang kondusif. 

Kondisi yang terjadi di Desa Padang Birik-birik itu secara cepat disikapi Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Kota Pariaman AKP Edikaran Prianto, SH, MH melalui Bhabinkamtibmas Bripka Rahmad Kosasih, SH, Kamis (7/10/2021). 

Edikaran tak ingin persoalan septic tank berkembang menjadi potensi terhadap gangguan Kamtibmas. Oleh karena itu, sekitar pukul 14.30 WIB, Bhabinkamtibmas Bripka Rahmad Kosasih melakukan mediasi antar warga. 

Melalui mediasi dengan melibatkan Kepala Dusun dan Ninik Mamak setempat, masalah pembuatan septic tank di rumah warga atas nama Eva, (40 Tahun) di Desa Padang Birik-birik, akhirnya tuntas. 

Menurut Rahmad Kosasih, persoalan septic tank jika dibiarkan berlarut-larut, selain akan berdampak pada kesehatan lingkungan yakni menimbulkan berbagai penyakit seperti diare, cacingan, atau kemungkinan penyakit kulit, dan sebagainya. Kondisi itu, pada gilirannya akan berdampak pada situasi kamtibmas kurang kondusif di tengah warga. 

"Kita lakukan mediasi agar potensi gangguan Kamtibmas hilang dan menjadi sebaliknya, yakni terciptanya persaudaraan dan semakin terjalinnya silaturahmi yang kuat di tengah warga," kata Rahmad Kosasih. 

Dengan demikian, situasi kamtibmas di tengah masyarakat, utamanya di wilayah hukum Polsek Kota Pariaman dapat tercipta lebih kondusif dan tetap terjaga dengan baik. (Uk1)

Post a Comment

0 Comments