TINGKATKAN PROFESIONALITAS PERSONEL Ditpolairud Polda Sumbar Latihan SAR dan Selam

TINGKATKAN PROFESIONALITAS PERSONEL

Ditpolairud Polda Sumbar Latihan SAR dan Selam


Padang, Pionir--Demi meningkatkan profesionalitas serta kemampuan personel, Ditpolairud Polda Sumatera Barat (Sumbar) menggelar pelatihan selam polri bagi para personelnya. 

Kegiatan ini merupakan latihan peningkatan kemampuan personel yang mana dapat menunjang dalam pelaksaan tugas di lapangan.

Pelatihan SAR dan selam Polri yang dilaksanakan di kolam renang Universitas Negeri Padang  (UNP) dan di Pulau Pagang kemarin itu dilaksanakan selama dua hari. Dalam kegiatan pelatihan tersebut dimulai dengan pemanasan lari gerakan di tempat dan dilanjutkan dengan renang gaya bebas, katak dan punggung di kolam renang.

Selesai giat tersebut dilanjutkan dengan pengenalan peralatan selam dan cara pengunaannya, dan masing-masing anggota langsung praktek pengunaan alat selam. 

Sebagai anggota Polri Polair para personel saat itu diminta harus menguasai kemampuan bidang selam guna menunjang pelaksanaan tugas Search and Rescue (SAR).

Giat tersebut dipimpin Kasubag Renmin AKP Nursal Chan. SH sekaligus Instruktur Selam didampingi Iptu Tusiyat dan Aipda Nanung yang memiliki sertifikasi selam& dan SAR.

Kata Dirpolairud Polda Sumbar, Kombes Pol Sahat Hasibuan pada Pionir, kegiatan  pelatihan SAR dan selam yang diikuti sebanyak 28 personelnya itu dirasa perlu mengingat tantangan tugas Ditpolairud Polda Sumbar sebagian besar di air dan lokasi lainnya yang tak terduga. 

“Bagi personel Ditpolairud kemampuan selam ini penting dalam pelaksanaan kegiatan Search and Rescue yang kerap dilakukan,” kata Sahat Hasibuan.

Ia mengatakan, kita tidak mengetahui kapan terjadinya potensi kedaruratan bencana, sehingga para posonel dituntut untuk selalu waspada dan siap siaga menghadapi segala kondisi kedaruratan yang terjadi.

”Kita tidak tahu kapan dan dimana bahaya itu akan datang mengancam kita semua. Untuk itu untuk mengatisipasinya kita mengadakan pelatihan ini agar memiliki persepsi yang sama ketika menghadapi masalah  darurat khusunya di dalam air,” jelasnya, 

Sahat mengatakan, kegiatan ini juga untuk meningkatkan profesionalisme, kekompakan, dan kerjasama personil agar selalu terjalin, terutama dalam melaksanakan tugas yaitu menyelamatkan, memberi pertolongan dan mengevakuasi korban.

Sementara itu, Kasubag Renmin AKP Nursal Chan SH, sekaligus Instruktur Selam di dampingi Iptu Tusiyat dan Aipda Nanung mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan personel untuk memberikan lertolongan kepada korban bencana, apabila disuatu waktu itu terjadi.

”Kegiatan ini kita lakukan untuk memberikan pemahaman bagi potensi SAR bagaimana melakukan pertolongan pada korban bencana, dan bagaimana menjalankan tugas pokok yang tepat, cepat dan aman demi keberhasilan operasi SAR,” ungkapnya.

Dikatakannya, dalam penanggulangan bencana dibutuhkan penguatan personel, baik kecelakaan, bencana banjir, maupun kondisi yang membahayakan jiwa manusia. Di situlah operasi potensi SAR wajib membantu instansi samping seperti Basarnas, BPBD dan Damkar dalam  pelaksanaan operasi SAR.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan seperti ini, para peserta bisa mengikuti pelatihan dengan baik sehingga apa yang didapatkan ke depannya bisa berguna dalam upaya pelaksanaan pencarian dan pertolongan serta perlindungan masyarakat dapat terlaksana dengan baik. 

Kata Nursal Chan pelatihan ini dilaksanakan selama dua  hari, dengan bentuk pelatihan praktek lapangan seperti praktek menyelam,  dan simulasi. 

Ia pun berharap personel serius dan fokus agar dapat menyerap materi dari instruktur agar ilmu yang disampaikan dapat menjadi bekal dalam pelaksanaan tugas.

Nursal Chan juga mengatakan bahwa ada manfaat lain yang bisa didapat dari menyelam, antara lain ; Membantu memperkuat otot.

“Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari menyelam adalah membantu memperkuat otot-otot tubuh. menyelam dapat membuat otot-otot semakin kuat dikarenakan otot selalu tertarik dan mendapatkan tekanan ketika sedang menyelam. Semakin sering personel kita menyelam, semakin kuatlah otot-ototnya, terutama otot-otot tubuh bagian bawah,” katanya.

Manfaat lain kata Nursal Chan, dapat membantu melenturkan otot. Sebab, dengan menyelam, otot-otot tubuh personel Ditpolairud Polda Sumbar akan semakin melentur, sehingga akan memudahkannya untuk menyelam. 

“Meskipun pada awalnya otot penyelam kaku, namun apabila sering melakukan aktivitas selam maka otot-ototnya akan semakin lentur. Layaknya manfaat yang pertama, dengan menyelam otot-otot akan mendapatkan banyak tarikan dan tekanan sehingga dapat semakin lentur,” katanya.

Adapun manfaat lainnya tambah Nursal Chan, dapat membuat tubuh semakin lincah, membantu melancarkan sistem aliran darah, membantu sistem pernafasan, membantu meningkatkan fokus. membantu menurunkan tekanan darah, membantu mengatasi stres. membantu menyehatkan rohani dan berbagai manfaat lainnya. (Firman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments