Kejar Angka Capaian Vaksin, Polres Pasaman Barat Tetap Buka Gerai Pada Hari Minggu

Kejar Angka Capaian Vaksin, Polres Pasaman Barat Tetap Buka Gerai Pada Hari Minggu

Pasaman Barat, Pionir-- Salah satu terobosan yang dilakukan Polres Pasaman Barat untuk mengejar target cakupan vaksinasi Covid-19 adalah dengan door to door system, maksudnya adalah mendatangi rumah warga satu persatu yang belum sempat datang ke gerai vaksin yang telah disediakan.

Demikian disampaikan Kapolres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto, S.I.K., M.M disela-sela peninjauan pelaksanaan vaksinasi di dermaga Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Kabupaten Pasaman Barat, Minggu(19/12/).

Menurut M. Aries, selain metode rutin vaksinasi yaitu berbasis reguler, Polres Pasaman Barat juga membuka gerai vaksinasi pada hari Minggu atau pada hari libur, hal ini dilakukan agar capaian 70% warga yang mendapatkan vaksin dapat terlaksana dengan cepat.

Dari data lapangan, pada hari ini Polres Pasaman Barat mendirikan 29 gerai vaksin yang tersebar diberbagai daerah yang ada di Kabupaten Pasaman Barat.

Kapolres menambahkan, dukungan Pemerintahan Kabupaten Pasaman Barat baik berupa tenaga tim vaksinator dan mobilisasi masyarakat, sangat efektif untuk mempercepat pencapaian target vaksinasi.

"Kita selalu berkoordinasi dengan Pemkab Kabupaten Pasaman Barat agar akselerasi vaksinasi di Kabupaten Pasaman Barat dapat segera terwujud," katanya.

Ia juga mengakui, saat ini antusias dan partisipasi warga untuk melaksanakan vaksinasi sangat tinggi, untuk itu jajaran Polres Pasaman Barat bersama dengan Pemkab Pasaman Barat tetap membuka gerai vaksin pada hari libur. Oleh karena itu, jajaranya mendorong pelaksanaan vaksinasi diberbagai wilayah yang ada di Kabupaten Pasaman Barat.

"Tenaga kesehatan dan personel kita sebar, hingga pada gerai-gerai yang berada di daerah pelosok. Kita mengejar target cakupan vaksinasi mencapai 70% hingga akhir tahun ini," katanya.

"Adapun, beberapa kendala untuk mencapai target cakupan vaksinasi masih terjadi diantaranya berkaitan dengan wilayah Kabupaten Pasaman Barat yang cukup luas, akses jalan menuju daerah pelosok, serta jaringan komunikasi yang masih terbatas. Untuk itu, kendaraan mobilitas bagi tim vaksinator dan warga yang ingin mendapatkatkan vaksin terus kita sediakan," katanya

Untuk diketahui, Polres Pasaman Barat saat ini masih fokus pada percepatan vaksinasi dengan melaksanakan kegiatan pembatasan di jalan yang tersebar diberbagai tempat seperti di depan kantor Polres Pasaman Barat, di Simpang Kampung Cubadak Nagari Lingkuang Aua, Jalan Poros dekat SPBU Batang Toman, Jalan arah pantai Sasak Jorong Pondok Nagari Sasak, di Jalan Jambak Jalur 8, Nagari Koto Baru Kecamatan Pasaman, di jalan depan SPBU Basecamp Kecamatan Kinali, di depan kantor Camat Lembah Melintang dan di depan kantor Pos Lantas Parit Kecamatan Koto Balingka.

“Ada 8 titik pembatasan di jalan yang kami laksanakan hari ini di berbagai wilayah yang ada di Kabupaten Pasaman Barat, kegiatan kami fokuskan pada pengguna jalan yang belum mendapatkan vaksin, kalau belum vaksin, anggota kami langsung membawa warga tersebut ke gerai yang telah kami sediakan,” jelas Kapolres.

"Kami imbau untuk semua pihak terkait dalam pelaksanaan percepatan vaksinasi agar setiap hari bahkan pada hari libur sekalipun untuk mendirikan gerai-gerai vaksin, agar penanganan Covid-19 di Kabupaten Pasaman Barat tetap bisa dikendalikan," tutupnya. (HumasResPasbar)

Post a Comment

0 Comments