Kapolda Sumbar sebut 89 Pos Disiapkan dan Imbau Pemudik selama perjalanan tidak Ugal-ugalan

iklan adsense

Kapolda Sumbar sebut 89 Pos Disiapkan dan Imbau Pemudik selama perjalanan tidak Ugal-ugalan

Padang, Pionir--Pada Operasi Ketupat Singgalang tahun 2022 ini, selama arus mudik dan lebaran di Provinsi Sumatera Barat, pihak kepolisian akan menerapkan rekayasa arus lalu lintas.

Hal ini disampaikan Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa P, SH, S.Ik. MH usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang, Jumat (22/4) di RTH Imam Bonjol Padang. 

Dikatakan, dalam Operasi Ketupat Singgalang ini, Polda Sumbar melibatkan TNI, dan unsur jajaran di masing-masing Pemerintah Daerah.

"Dalam lingkup provinsi yang sudah kami kerahkan kepada seluruh jajaran di Sumbar. Mulai dari Damkar, Dinkes, dan Satpol PP semua dikerahkan, begitu juga Danrem (032/Wirabraja) mengerahkan 300 prajurit ke lapangan, yang standby lebih banyak lagi," sebut Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa.

Dikatakan, terkait prediksi jumlah pemudik yang akan masuk ke Sumbar diperkirakan mencapai 1,8 juta orang, pihaknya juga telah menyiapkan dan mengantisipasi segala macam kerawanan.

Dalam Operasi Ketupat Singgalang ini juga, sebanyak 89 pos disiapkan dengan rincian, 1 Pos Terpadu, 54 Pos Pengamanan dan 34 Pos Pelayanan.

"Barangkali ada pemudik kendaraannya yang bermasalah, pecah ban, sakit, lelah dan sebagainya, ada kami siapkan derek, tim pengisi bahan bakar minyak (BBM), dan tim kesehatan," terangnya saat didampingi Gubernur Sumbar dan Forkopimda. 

Irjen Pol Teddy juga tidak menampik, bahwa pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di jalur arteri atau utama.

"Ada rekayasa lalin, situasional, kami lakukan secara bertindak. Kemudian, penerapan protokol kesehatan (prokes) tetap harga mati walau saat ini kita diberikan kelonggaran untuk mudik, antisipasi terhadap penyebaran virus Covid-19 tetap kami lakukan," katanya.

Dirinya juga mengimbau kepada pemudik yang akan pulang ke kampung halamannya, agar selama dalam perjalanan (berkendara) tidak ugal-ugalan. 

"Kalau lelah berhenti, yang penting selamat, menikmati perjalanan dengan damai, selain itu gerai vaksin tetap kami gelar," pungkasnya.(*)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments