Polres Pariaman Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat 2022, Walikota Pariaman Dr. H. Genius Umar, MSi Sampaikan Amanat Kapolri

Polres Pariaman Gelar Apel  Pasukan Operasi Ketupat 2022, Walikota Pariaman Dr. H. Genius Umar, MSi Sampaikan Amanat Kapolri 

Pariaman Kota, Pionir—Terhitung sejak tanggal 28 April sampai 9 Mei 2022 Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) akan memulai Operasi Ketupat Singgalang 2022.

Namun sebelum operasi yang digelar serentak di seluruh Indonesia itu dilaksanakan, pada Jumat pagi 22 April 2022, Polres Pariaman melaksanakan apel pasukan Operasi Ketupat 2022 di lapangan upacara Polres Pariaman yang di pimpin oleh Walikota Pariaman Dr. H. Genius Umar, MSi, serta dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nora, SE, Dandim 0308 Pariaman Letkol Arm. Wahyu Hidayat,S.Sos Kapolres Pariaman, AKBP Abd. Aziz, SIK dan diikuti Wakapolres Kompol Jon Hendri, SH, Kadis Perhubungan Kota Pariaman Afwandi, SSTP, MSi, Kadis BPBD Kota Pariaman Azman, SE, MM, PJU Polres Pariaman, Perwira, Bintara, 1 Pleton dari Kodim 0308 Pariaman, 1 Pleton dari Dishub Kota Pariaman, 1 Peleton dari PolPP Kota Pariaman, 1 Peleton dari BPBD Kota Pariaman, 1 Pleton dari Dinas Kesehatan Kota Pariaman.

Kapolres Pariaman AKBP Abd. Aziz, SIK menyebutkan, kegiatan ini mengusung tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah”.

Sementara itu Walikota Pariaman Dr. H. Genius Umar, MSi yang bertindak langsung sebagai inspektur upacara saat itu membacakan amanat tertulis Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si mengatakan, operasi ketupat bertujuan untuk menciptakan suasana kamtibmas yang kondusif dan tertib menjelang mudik lebaran.

Kapolri pun menyampaikan apresiasi kepada jajaran pemerintah daerah bersama Forkopimda, Kepolisian, TNI, dan Jasa Raharja yang selalu bekerja sama memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.

Dalam amanatnya Walikota Pariaman Dr. H. Genius Umar juga membacakan penekanan Kapolri kepada personilnya sebagai pedoman guna mendukung keberhasilan pelaksanaan operasi "Ketupat-2022".

Pertama, Kapolri menekan kan kepada personil agar menjaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama perjalanan operasi, dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada tuhan yang maha esa, 

kedua, melakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif.

Ke tiga, melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun, rekan-rekan adalah wujud representasi negara ditengah-tengah masyarakat, ujarnya

Ke empat, Kapolri menyarankan kepada personil agar mengelar kekuatan polri pada pos-pos pengamanan dan pos pelayanan serta di titik-titik rawan kriminalitas, titik-titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, sehingga mampu bertindak cepat dan tepat dalam melakukan tindakan kepolisian guna menjamin masyarakat aman dan sehat, ujarnya

Ke Lima, personil Polri juga harus melakukan koordinasi dan kerjasama dengan satgas covid-19 untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya lonjakan mobilitas masyarakat saat libur idul fitri 1443 H/2022 dengan melakukan test antigen secara acak terhadap warga masyarakat di tempat keramaian seperti rest area, mall, tempat wisata, dll untuk memonitor kemungkinan terjadinya penyebaran covid-19 di area-area tersebut, 

Ke enam, personil di harapkan dapat mendorong para pengelola tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan untuk memasang dan menerapkan aplikasi Peduli Lindungi, pinta nya. 

Ke tujuh, Kapolri berharap pada satgas pangan agar betul-betul memainkan perannya untuk membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan-bahan pokok dan pengendalian harga.

Dan yang terakhir, Kapolri menekan kan mantapkan kerja sama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat. Satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan operasi, tukasnya (Firman Sikumbang)




Post a Comment

0 Comments