Antisipasi Penyebaran PMK, Bhabinkamtibmas Adakan Dialog dengan Warga

Antisipasi Penyebaran PMK, Bhabinkamtibmas Adakan Dialog dengan Warga 

Pariaman, Pionir--Bhabinkamtibmas Polsek Kota Pariaman Biptu Randy Kurniawan Sugara mengadakan dialog dengan Kapala Dusun Desa Tanjung Sabar, Pendamping Desa dan pemilik ternak untuk membahas penyakit mulut dan kuku (PMK) dan penyebarannya pada hewan ternak sapi dan kerbau, Rabu (8/6/22) pukul 15.45 WIB, di Tanjung Sabar. 

"Penularan virus penyakit kuku dan mulut (PMK) pada hewan ternak berkuku belah, terutama sapi dan kerbau harus segera diantisipasi, mengingat saat ini penyebarannya sudah kian meluas", ungkap Biptu Randy Kurniawan Sugara pada Pionir.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat atau peternak bila ada hewan yang terkena penyakit maka harus segera di laporkan ke Dinas Peternakan, sebagai langkah antisipasi dan pencegahan penularan.

Ia menjelaskan, penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak ini memiliki tingkat penularan 90-100% dan bahkan dapat mengalami kerugian ekonomi cukup besar kalau tidak segera diatasi. Bahkan kata Randy PMK yang disebabkan oleh virus genus Aphthovirus dari famili Picornaviridae ini memiliki tujuh varian yang berbeda.

Untuk itu kata Randy lagi mari kita putus rantai penyebaran Virus genus Aphthovirus ini dengan cara membatasi arus  lalu-lintas ternak dari dan menuju ke daerah yang sedang mewabah, pemusnahan jeroan dari hewan yang terinfeksi dan melakukan vaksinasi minimal 70% dari populasi di daerah yang terancam, ujarnya 

Pada kesempatan itu Randy Kurniawan Sugara juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas pada warga, agar lebih waspada terhadap pencurian ternak. "Biasanya menjelang datang nya lebaran Idul Adha pencurian ternak sering terjadi, untuk itu kita imbau para peternak agar lebih mewas diri dan lingkungan serta melakukan pengawasan secara ketat terhadap hewan ternak," tukasnya (ha)



Post a Comment

0 Comments