Atasi Banjir, Kapolsek Siberut Ajak Bersihkan Tali Bandar

Atasi Banjir, Kapolsek Siberut Ajak Bersihkan Tali Bandar

Siberut, Pionir—Seperti diketahui banjir masih menjadi permasalahan yang sering terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Meskipun sulit mencegahnya, tetapi sepertinya Kapolsek Siberut, Polres Kepulauan Mentawai, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Desmetri mengetahui cara mencegah banjir agar bisa meminimalisir kerugian yang dapat timbul.

Menyadari intensitas curah hujan yang tinggi yang selalu menjadi salah satu pemicu banjir terjadi, apalagi air tersebut tidak bisa diserap secara baik karena daerah resapan yang semakin sedikit serta tersumbatnya selokan atau tali bandar, Iptu Desmetri bersama seluruh personel Polsek Siberut, kepala desa, tokoh masyarakat, koramil dan masyarakat pada Jum’at pagi 10 Juni 2022, melaksanakan gotong royong bersama membersihkan tali bandar yang sering mampet sehingga menyebabkan genangan air serta jalan Desa Muara Siberut

Pada kesempatan itu kata Desmetri mereka juga membersihkan drainase jalan ke Puskesmas Muara Siberut, Jalan Ke Dusun Puro dan lainnya.

 “Membersihkan drainase atau tali bandar secara rutin dapat mencegah banjir. Makanya kita berupaya memeriksa drainase atau tali bandar secara berkala dan memastikan tidak ada penyumbatan. Karena, penyumbatan bisa menjadi salah satu faktor penyebab banjir karena air tidak mengalir dengan lanca,” ujar Desmetri. 

Kata Desmetri, ini dilakukan agar bila hujan datang, maka air hujan bisa mengalir ke tempat lain, sehingga tidak terjadi banjir. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan tidak ada penyumbatan yang terjadi di drainase atau tali bandar. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments