Polres Pariaman Inventarisir Personel Melalui Lomba Menembak

Polres Pariaman Inventarisir Personel Melalui Lomba Menembak

Pariaman Kota, Pionir--Pada Sabtu pagi 11 Juni 22 itu puluhan personel Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat telah bersiap-siap unjuk kemampuan dalam menggunakan senjata api (senpi) dilapangan tembak SPN Polda Sumbar di Jalan Raya Padang Indarung Km 12, Lubuk Kilangan, Kota Padang.

Kehadiran para personel Polisi ini untuk melaksanakan latihan sekaligus mengikuti  pertandingan menembak antar personel Polres Pariaman, yang disaksikan langsung Kapolres AKBP Abd Aziz, SIK, Waka Polres Kompol Jon Hendri, SH  dan PJU Polres Pariaman.

Setelah dibuka secara resmi oleh Kapolres Pariaman AKBP Abd Aziz, SIK para peserta didampingi instruktur menembak, terlebih dahulu diberikan kesempatan untuk mencoba senjata yang akan digunakan yaitu pistol Sig Sauer dan G2. Masing-masing petembak dibekali 3 butir peluru percobaan dan 20 butir peluru penilaian dengan 2 metode menembak pistol yaitu tembakan slow fire dan rapid fire dengan jarak 20 meter. 

Slow fire artinya menembak sasaran dalam waktu 3 menit, sedangkan rapid fire artinya menembak sasaran utama dalam waktu 63 detik dengan terlebih dahulu menembak dan menjatuhkan 2 pelat besi.

Kata Kapolres Pariaman AKBP Abd. Aziz, membidik sasaran dengan tepat dalam menembak pistol tentunya membutuhkan konsentrasi serta fokus pada sasaran. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dibutuhkan latihan menembak yang berlanjut dan terjadwal. 

"Sebenarnya latihan terbaik adalah bertanding. Makanya pada hari ini kita juga melaksanakan pertandingan menembak. Bagi personel yang berhasil keluar sebagai juara 1 ,2 dan 3 serta kepada perwakilan Polwan, kita secara kusus memberikan reword berupa tabanas dengan tujuan untuk memotivasi bagi personil dalam mempergunakan senjata secara benar sesuai dengan SOP yang berlaku.,” kata Abd. Aziz. 

Abd. Aziz mengatakan, ada beberapa tujuan penting dalam latihan dan lomba menembak ini diantaranya: sebagai upaya meningkatkan soliditas internal personel Polri jajaran Polres Pariaman. Yang kedua, melalui ajang lomba ini kita berharap nanti anggota Polri khususnya Polres Pariaman mahir dan terampil dalam menggunakan senjata api. Yang mana dalam pelaksanaan tugas kepolisian setiap personil Polri selalu dilengkapi senjata api, sehingga dengan ajang lomba ini bisa memotivasi anggota untuk dapat berlatih meningkatkan kemampuan,  sehingga benar-benar mahir dalam penggunaan senjata api.

"Dalam penggunaan senjata api itu, sangat banyak yang bisa kita ambil, seperti disiplin, karena dalam penggunaan senjata api syaratnya harus disiplin, kapan harus digunakan, ditambahkan serta kapan senjata itu harus dinyatakan aman. Kemudian bagaimana tangan kita tidak grasak grusuk, artinya dalam menggunakan memperlakukan senjata api itu benar-benar dipahami,” ujar Abd. Aziz.

Poin penting lainnya dalam lomba menembak ini kata Abd. Aziz menambahkan, dengan ajang lomba ini sekaligus sebagai ajang untuk menginventarisir personel Polda Polres Pariaman yang memiliki hobi dan skil menembak. 

‘’Jika mereka menembak bagus, suatu saat apabila ada kegiatan mereka akan mewakili Polres Pariaman, bahkan mungkin Polda Sumbar pada event-event menembak. Sehingga kita sudah punya duta untuk mewakili Polres Pariaman atau Polda Sumbar,” beber Abd. Aziz. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments