Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Dampingi Sat Binmas Polres Pariaman Sosialisasi Operasi Bina Karuna di Nagari Kudu Ganting

Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Dampingi Sat Binmas Polres Pariaman Sosialisasi Operasi Bina Karuna di Nagari Kudu Ganting

Pariaman Kota, Pionir - Dalam rangka Operasi Bina Karuna 2022, Sat Binmas Polsek Pariaman melakukan sosialisasi terkait daerah rawan longsor dan upaya pencegahan terjadinya peristiwa Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Sosialisasi itu kali ini dilaksanakan di wilayah hukum Polsek Kampung Dalam, tepatnya di Nagari Kudu Ganting Kecamatan V Koto Timur, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Dalam kegiatan itu, Bhabinkamtibmas Nagari Kudu Ganting Polsek Kampung Dalam Bripka Razul Yasir berkesempatan mendampingi KBO Sat Binmas Iptu Budi Perwira beserta Jajaran Binmas melaksanakan Sosialisasi Operasi Bina Karuna di tengah-tengah masyarakat.

Sosialisasi kali ini dilakukan di beberapa tempat berkumpul warga, salah satunya di Kedai Muskyoto, Rabu (14/7/2022) sore.

Di kesempatan itu, KBO Sat Binmas Iptu Budi Perwira menyampaikan, dalam rangka Ops Bina Karuna terlebih dahulu Polres Pariaman memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terutama bagi para pemilik lahan terkait larangan melakukan tindakan-tindakan yang dapat menyebabkan terjadinya karhutla.

Untuk itu, lanjutnya, hindari melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya karhutla, salah satunya yakni tidak membersihkan lahan dengan cara dibakar, sebagaimana peraturan undang-undang terkait larangan karhutla.

"Bagi para pelaku yang melakukan karhutla dapat dikenakan sanksi pidana dan proses hukum sebagaimana yang diatur dalam beberapa peraturan perundangan,” ujar Iptu Budi Perwira lagi.

Sedangkan sebagai daerah rawan bencana longsor, Iptu Budi Perwira juga mengingatkan warga masyarakat agar selalu waspada terhadap situasi alam. 

Sementara itu, Bhabinkamtibmas tak lupa melakukan himbauan kepada warga  masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes), agar terhindar dari penularan virus COVID-19.

Hingga berakhirnya kegiatan tersebut, situasi berjalan dalam keadaan aman dan terkendali. (UK1)

Post a Comment

0 Comments