Kapolsek Bukittinggi Wakili Kapolres Hadiri Prosesi Khatam Al Quran di Masjid Jamiak

Kapolsek Bukittinggi Wakili Kapolres Hadiri Prosesi Khatam Al Quran di Masjid Jamiak

Bukittinggi, Pionir—Minggu pagi 31 Juli 2022 Masjid Jamik Birugo yang terletak di Jalan Sudirman, Kelurahan Birugo, Kota Bukittinggi dipenuhi oleh masyarakat  dan anak-anak yang akan melakukan prosesi Khatam Al Quran di masjid yang sudah berdiri semenjak tahun 1917 tersebut.

Khatam Al Quran ini sendiri diakui telah menjadi Alek Nagari Kurai Kota Bukittinggi, ketika seorang anak telah menamatkan pembelajaran baca Al Quran di Taman Pendidikan Alquran (TPQ) termasuk di Masjid Jamiak Mandiangin yang familiar dikenal dengan nama Surau Gadang tersebut. 

Pada hari Minggu itu, sebanyak 20 orang lebih santri telah selesai mengikuti pendidikan Baca Al Quran  dengan 4 tahun masa pembelajaran, kemudian dinyatakan lulus dari Kementerian Agama Kota Bukittinggi. 

Diketahui, untuk menyelenggarakan Alek Nagari Khatam Al Quran tersebut terdapat kekuatan besar yang secara turun temurun diupayakan dan diwariskan yakni penerapan filosofi “saciok bak ayam, sadanciang bak basi”, kegotong royongan dan kekeluargaan terus dibangun hingga menjadi contoh bagi generasi berikutnya.

Tak mengherankan bila kegiatan Khatam Al Quran ini mendapat apresiasi dari Walikota Bukittinggi Erman Safar. 

Pada hari itu Erman Safar ikut menghadiri Alek Nagari Khatam Al Quran di Masjid Jamiak Mandiangin, Juga yampak hadir Kapolres Bukittinggi diwakili Kapolsek Kota Bukittinggi, Kompol Hj. Rita Suryanti. SH, Camat Mandiangin Koto Selayan Erizal, Lurah Birugo Adrian. M. Sos dan lainnya.

Kapolres Bukittinggi diwakili Kapolsek Kota Bukittinggi, Kompol Rita Suryanti, mengatakan bahwa Kapolres mengapresiasi  semangat dan tekad para orang tua untuk memfasilitasi pendidikan anak, khususnya ilmu agama dengan membaca Al Quran. 

“Ibu Kapolres berharap Khatam Al Quran sekaligus sebagai sarana intropeksi diri terhadap kelanjutan pendidikan  si buah hati, apalagi kaderisasi dan regenerasi ulama, dai, dan mubaligh  harus dipersiapkan secara dini,” kata Rita Suryanti.

Dikatakannya, Kapolres berharao minimal di tengah keluarga anak mampu untuk menjadi imam sholat, menyelenggarakan jenazah dan prosesi keagamaan lainnya. 

 “Namun, sejauh mana orang tua mengarahkan dan mendidik putra putrinya untuk mendirikan sholat di masjid. Inilah yang disebut Ibu Kapolres bahwa Khatam Al Quran sekaligus sebagai sarana intropeksi. 

Kegiatan Khatam Al Quran Masjid Jamik Birugo itu juga diisi dengan acara pawai takruf yang dilepas oleh Walikota Bukittinggi Erman Safar dan dikawal oleh Bhabinkamtibmas Polsek Kota Bukitinggi untuk Kelurahan Birugo. Arak-arak tersebut dimulai dari Birugo hingga seputaran Jam Gadang.  (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments