Kasat Binmas Polres Pariaman Ingatkan Warga Tentang Bahaya Karhutla

Kasat Binmas Polres Pariaman Ingatkan Warga Tentang Bahaya Karhutla

Pariaman Kota, Pionir--Dalam rangka Operasi Bina Karuna Singgalang Tahun 2022, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) melalui Kasat Binmas AKP Haryani Bahri, SH dan Anggota Satgas Preemtif Ops Bina Karuna Singgalang 2022  melaksanakan upaya preventif untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah hukum Polres Pariaman, pada Rabu 20 Juli 2022

Kata Haryani Bahri dalam pelaksanaan sosialisasi dan edukasi itu masyarakat Nagari Sikucur Barat, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman diberikan pengetahuan tentang pentingnya mengolah lahan gambut secara baik dan benar tanpa pembakaran lahan guna mencegah terjadinya bencana karhutla.

"Sosialisasi dan edukasi ini penting disampaikan kepada masyarakat, mengingat masih adanya masyarakat yang membersihkan lahan dengan cara dibakar,” terang Haryani Bahri. 

Dikatakan, saat itu masyarakat juga diingatkan agar tidak membuka lahan pertanian dan perkebunan dengan cara dibakar tanpa pengawasan, menghindari pembakaran sampah di sembarang tempat, jangan membuang puntung rokok yang masih menyala sembarangan, sehingga tidak akan timbul permasalahan atau kerugian yang lebih besar.

“Kegiatan ini dilakukan untuk melakukan langkah-langkah pencegahan dan kesiapsiagaan juga bisa menjadi alternatif meningkatkan perekonomian masyarakat tanpa merusak lingkungan dengan sengaja melakukan pembakaran lahan karena dapat dihukum berdasarkan undang-undang yang berlaku,” kata Haryani Bahri. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments