Jaga Harkamtibmas, Ditbinmas Polda Sumbar Rangkul Berbagai Komunitas dan Ormas

Jaga Harkamtibmas, Ditbinmas Polda Sumbar Rangkul Berbagai Komunitas dan Ormas

Padang, Pionir—Diakui atau tidak pandemi Covid-19 membuat banyak pedagang yang kehilangan mata pencaharian. Penutupan lokasi jualan atau sepinya pembeli menjadi sebab banyak pedagang yang terpaksa harus berhenti berjualan.

Bahkan berdasarkan survei dari Bank Indonesia, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat terpukul dengan kondisi seperti ini. Dari beberapa survei tersebut ada sejumlah PKL yang mengalami penurunan omset sampai 50 persen.

Menghadapi realita tersebut para pedagang kecil atau pedagang tradisional sebagai pelaku ekonomi kerakyatan yang berjuang hidup dengan mandiri tanpa bantuan siapapun untuk menghidupi keluarga berupaya menyatukan diri dalam sebuah wadah yang diberinama Asosiasi Pedagang Kecil Keliling (ASPEKK) Kota Padang, pada Oktober 2020 lalu dan terdaftar di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemko Padang, dengan Ketua Umum Syahrial Dadang, Sekjen Marneli dan Pengawas RH Tanjung.

Untuk itu pada hari Kamis 4 Agustus 2022, Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Sumbar diwakili Kasubditbinpolmas Kompol Abriadi SH didampingi AKP Kasman, S.Sos, M.H bersama Iptu Ruslan Pulungan melakukan dialog dengan pengurus ASPEKK yang memiliki anggota sekitar 800 orang lebih, terkait dengan eksistensi komunitas dan ormas dalam menjaga solidaritas, kemandirian masyarakat serta menangkal intoleransi guna menghadapi Pemilu 2024. 

Kata Kompol Abriadi didampingi AKP Kasman yang dihubungi Pionir, pada Jum’at 5 Juli 2022 mengatakan, sebenarnya apa yang dilakukan tersebut merupakan kelanjutan dari kegiatan Community Policing yang dilaksanakan Kamis 28 Juli 2022 lalu, di Hotel Grand Zuri Padang.

Kompol Abriadi mengatakan, sesuai perintah Kapolda Sumbar, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menghadapi berbagai masalah yang melanda negara kita, seperti wabah Covid-19 yang masih berlangsung dengan varian barunya, penyakit hewan ternak PMK, intoleransi, radikalisme dan situasi Kamtibmas menjelang Pemilu 2024.

“Oleh sebab itu, sesuai perintah bapak Kapolda, makanya Ditbinmas Polda Sumbar merangkul berbagai komunitas dan ormas mitra Polri untuk dapat berperan dalam menjaga Harkamtibmas di wilayah Sumatera Barat," ujar Abriadi menjelaskan. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments