Aipda Muspitar Efendi Ikuti KBM Dikbangpes Ba Da'i Polri

iklan adsense

Aipda Muspitar Efendi Ikuti KBM Dikbangpes Ba Da'i Polri

Sungai Rumbai, Pionir—Seperti diketahui tujuan dari dibentuknya Da’i Kamtibmas, salah satunya adalah untuk melaksanakan syi’ar agama serta himbauan kamtibmas kepada masyarakat. 

Selain itu, Da’i Kamtibmas juga bertujuan untuk menepis berita hoax ataupun kabar berita yang belum tentu kebenarannya. Hal ini terkait dengan kecenderungan kejadian akhir-akhir ini yang menimpa para ulama, selalu muncul laporan dan isu yang memanfaatkan kejadian tersebut.

Untuk itulah Kapolsek Sungai Rumbai, Polres Dharmasraya, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Suyanto. SH mengirim Bhabinkamtibmas Nagari Koto Ranah, Kecamatan Koto Besar Aipda Muspitar Efendi mengikuti KBM dalam program Dikbangpes Ba Da'i Polri, Gelombang II tahun 2023 yang dilaksanakan TMT 23 Februari 2023 sampai  24 Maret 2023, bertempat di Pusdik Binmas Lemdiklat Polri Banyubiru Kabupaten Semarang Jawa Tengah.

Dikatakan, Aipda Muspitar Efendi Pusdik Binmas Lemdiklat Polri Banyubiru Kabupaten Semarang Jawa Tengah itu dalam rangka sebagai da’i keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). 

“Sebagai mitra Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan pemerintah, para Da’i Kamtibmas tersebut bertugas untuk menyampaikan ceramah yang menimbulkan rasa aman dan tenteram di tengah masyarakat,” kata AKP Suyanto. 

Ia berharap agar keberadaan Da’i Kamtibmas dapat mencegah dan mendeteksi munculnya bibit-bibit radikalisme di masyarakat, sehingga paham radikalisme tidak berkembang dengan leluasa. 

“Da’i Kamtibmas berperan sebagai ujung tombak dalam melaksanakan fungsi preventif atau pencegahan terhadap berbagai ancaman yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat, baik ancaman tindak pidana, terorisme maupun ancaman dari kelompok-kelompok radikal,” ujar Suyanto.

Suyanto berharap, dengan kegiatan seperti itu semua dapat menjalin sinergitas yang kokoh guna mewujudkan cita-cita kehidupan berbangsa dan bernegara serta mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments