Kapolsek IV Koto Aur Malintang Imbau Masyarakat Waspada Pencurian Ternak Menjelang Datangnya Bulan Ramadhan

iklan adsense

Kapolsek IV Koto Aur Malintang Imbau Masyarakat Waspada Pencurian Ternak Menjelang Datangnya Bulan Ramadhan

Koto Amal, Pionir-- Percaya atau tidak, menjelang datangnya bulan Ramadhan pencurian ternak kerap terjadi. Hal ini disebabkan tingginya kebutuhan masyarakat akan daging untuk memenuhi kebutuhan di bulan Ramadhan.

Untuk itu Kapolsek  IV Koto Aur Malintang Iptu Idham Fadli. SH, MH terus mengingatkan kepada Bhabinkamtibmasnya agar pada setiap giat sambang selalu memberikan imbauan kepada masyarakat pemilik ternak agar mewaspadai hewan ternak mereka dari pencurian ternak (Curnak).

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Nagari Balai Baiak Malai III Koto Ricky Pratama di Korong Kampung  Jawi-Jawi, Kamis 16 Maret 2023 kemaren.

Kata Idham Fadli pada Pionir, aksi pencurian ternak ini biasanya terjadi mendekati bulan suci Ramadhan, karena menjelang datangnya bulan Ramadhan itu harga daging diprediksi akan mengalami kenaikan dan kebutuhan masyarakat akan daging cukup tinggi.

Sehingga memicu para pelaku  Curnak untuk memilih jalan pintas, tanpa memikirkan jeratan hukum yang akan membelenggu mereka, yang ada dalam benak mereka uang, kendati harus mencuri.

"Pelaku tidak akan segan segan menyembelih hewan ternak seperti Sapi dan kambing di kandang. Disaat kita lengah mereka beraksi," ujarnya

Untuk mengantisipasi hal itu kita meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan serta mengaktifkan kembali ronda malam/Poskamling.

Pengaktifan Poskamling itu kata Idham Fadli selain untuk mengantisipasi tindak kriminalitas yang akan terjadi, juga menjadi sarana untuk menjalin keakraban masyarakat dalam suatu lingkungan, katanya (Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments