Menyambut Bulan Suci Ramadhan Bhabinkamtibmas Polsek Pulau Punjung Goro Bersama di Rumah Gadang Suku Piliang

iklan adsense

Menyambut Bulan Suci Ramadhan Bhabinkamtibmas Polsek Pulau Punjung Goro Bersama di Rumah Gadang Suku Piliang 

Pulau Punjung, Pionir--Menjelang datangnya bulan Ramadhan 1444 Hijiriah Bhabinkamtibmas Nagari Silago, Polsek Pulau Punjung, Polres Dharmasraya, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Aiptu Iswandi gelar goro bersama di rumah Gadang Suku Piliang DT. Sampono Kayo Jorong BDK Nagari Silago Kecamatan Sembilan Koto Kabupaten Dharmasraya, Jumat 17 Maret 2023 kemaren.

Goro bersama membersihkan Rumah Gadang Suku Piliang DT. Sampono Kayo Nagari Silago itu melibatkan ninik mamak/tokoh adat, tokoh masyarakat dan pemuda, serta Bundo Kanduang dari Suku Piliang

Kata Iswandi, tradisi ini sudah berlangsung secara turun temurun pada setiap menyambut bulan suci Ramadhan, para niniak mamak, tokoh masyarakat, beserta Bundo Kanduang, dan anak Kamanakan dari Suku Piliang itu berbaur dan bahu membahu membersihkan rumah gadang tersebut.

Selain melakukan kegiatan gotong royong, kegiatan tersebut  kata Iswandi juga untuk mempererat tali silaturahim antar anak kamanakan, serta tokoh masyarakat di daerah itu. Wajar saja saat goro itu tampak rasa kebersamaan kental sekali, ngaur, ngidul dan ngelantur, sepertinya tidak ada perselisihan diantara mereka.

"Momen seperti ini salah satu cara untuk meningkatkan tali silaturrahim sesama mereka," ujarnya (E'ef)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments