Olahraga Buru Babi Mampu Menggerakan Ekonomi Masyarakat

iklan adsense

Olahraga Buru Babi Mampu Menggerakan Ekonomi Masyarakat

Sungai Geringging, Pionir—Olahraga buru babi di Kabupaten Padang Pariaman adalah salah satu bentuk olahraga rekreasi yang dilaksanakan di alam terbuka yang digemari masyarakat. Seperti yang dilaksanakan di Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman. Pada Selasa siang 14 Maret 2023 baru saja dilangsungkan rapat penutupan olahraga buru babi di nagari tersebut.

Kata Kapolsek Sungai Geringging, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Bambang Adrian.SH pada hari itu Bripka Zulpahmi, Bhabinkamtibmas Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu baru saja menghadiri rapat penutupan olahraga buru babi, di Kantor Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu.

Bambang Adrian mengatakan, olahraga buru babi merupakan budaya masyarakat secara turun temurun dan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Olahraga berburu babi ini merupakan budaya warisan turun temurun yang harus dijalankan setiap tahunnya. Kita jangan melihat ini dari agama, namun lihat ini dari segi budaya,” kata Bambang Adrian.

Menurut dia kegiatan ini mampu mendatangkan ribuan orang ke Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu. Mereka yang datang tidak hanya dari Sumbar tapi juga dari Jambi, Bengkulu dan Pekanbaru. 

Menurut Bambang Adrian, selain itu dengan adanya buru babi ini mampu menghilangkan hama babi yang merusak kebun masyarakat setempat. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments