Kapolsek Koto XI Tarusan, Tanggung Jawab Memelihara Kamtibmas itu adalah Amanah Bernilai Ibadah

iklan adsense

 

Kapolsek Koto XI Tarusan, Tanggung Jawab Memelihara Kamtibmas itu adalah Amanah Bernilai Ibadah

Tarusan, Pionir--Dalam rangka menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, serta menjalin hubungan yang harmonis dengan warga binaannya, Bhabinkamtibmas Barung-Barung Balantai Polsek Koto XI Tarusan. Polres Pesisir Selatan, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Aiptu Effitra melaksanakan kegiatan Tiada Hari Tanpa Silaturahmi (THTS) dan giat Door to Door System (DDS) di pasar Barung Barung Belantai, Jumat 19 Mai 2023.

Kata Kapolsek Polsek Koto XI Iptu Donny Putra SH, MH pada pada Pionir,  menjalin silaturahmi antar sesama warga adalah sangat penting, agar tercipta keakraban sehingga lebih mudah dalam melakukan berbagai hal. Selain itu silaturahmi juga salah satu amalan umat muslim untuk menyambung tali persaudaraan.

Dikatakan, menjaga silaturahmi dalam Islam dapat menjauhkan seorang hamba dari neraka, memanjangkan umur, memperluas rezeki, sampai dimuliakan di dunia dan akhirat. Agama pun mengatur hubungan antara manusia dengan manusia dan manusia dengan tuhannya, ucapnya.

Bahkan kata Dony, Allah Azzawajalla pun mengutuk orang-orang yang memutus tali sulaturahmi antar sesama. Sesungguhnya seseorang yang memutus tali silaturahmi dianggap sebagai perusak bumi. Disebutkan pula mereka yang memutus tali silaturahmi tidak akan masuk surga, katanya.

Beranjak dari hal itu, selaku Kapolsek Dony nyinyir mengintruksikan kepada personilnya agar selalu meningkatkan silaturahmi dengan masyarakat.

Karena Dony yakin, dengan meningkatkan silaturahmi kita akan mendapat keberkahan dari Allah Azzawajalla. Umur panjang, memperluas rezeki, bahkan sampai dimuliakan di dunia dan akhirat.

Dony mencontohkan seperti yang dilakukan Aiptu Affitra, memfaatkan profesi sebagai Bhabinkamtibmas, ia dengan leluasa menjalin "ukwah" (hubungan persaudaran) dengan warga binaannya. Wajar saja disaat melaksanakan tugas pengamanan di pasar Barung-Barung Belantai itu ia dengan mudah dikenal masyarakat. Sehingga segala bentuk tugas Kepolisian dengan gampang ia selesaikan. Sehingga kondusifitas kamtibmas yang aman dan kondusif dapat terwujud.

Dikatakannya, pada kesempatan itu Aiptu Effitra menyampaikan imbauan kamtibmas kepada para pedagang dan pengunjung pasar, di pasar Barung Barung Belantai tersebut.

Ia berharap kepada pedagang dan pengunjung untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk kejahatan seperti curat, curas, curanmor dan curnak. Kalau ada hal-hal yang mencurigakan yang dapat menggangu keamanan dan ketertiban masyarakat segera hubungi Bhabinkamtibmas, harapnya.

Lanjut Dony mengatakan, setiap tugas yang di emban oleh personilnya akan mendapat nilai di mata Allah Azzawajalla "Percayalah tanggung jawab memelihara kamtibmas di masyarakat itu adalah amanah yang luar biasa, Insya Allah bernilai Ibadah," ujarnya. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments