Minimalisasi Kejahatan, Bhabinkamtibmas Polsek Kota Pariaman Ajak Kepala Desa Aktifkan Siskambling

iklan adsense

Minimalisasi Kejahatan, Bhabinkamtibmas Polsek Kota Pariaman Ajak Kepala Desa Aktifkan Siskambling

Pariaman, Pionir--Aipda Ardi Putra mengimbau masyarakat untuk kembali mengaktifkan sistem keamanan lingkungan atau siskamling di tingkat rukun tetangga (RT). Hal itu sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya aksi kriminalitas.

Imbauan itu disampaikan Iptu Ardi Putra saat melakukan kegiatan silturahmi bersama sektetaris dan staf Desa Kampung Gadang, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman, Jumat 19 mei 2023.

Iptu Ardi Putra mengatakan, dengan mengaktifkan kembali siskamling, tindak kejahatan seperti pencurian dapat dicegah. Karena keberadaan Siskamling dinilai efektif untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya gangguan keamanan di tengah-tengah masyarakat, seperti tindak kejahatan, pencurian, perampokan dan tindak kejahatan lainnya," ujarnya.

Menurutnya, selain terbukti dapat memelihara dan meningkatkan kewaspadaan keamanan lingkungan terhadap tindak kriminalitas, dengan pengaktifan siskamling juga dapat mempererat tali silaturahim antara warga, ucapnya.

"Belakangan ini aksi kejahatan seperti pencurian, perampokan serta kejahatan lainnya kian marak terjadi, sedangkan kegiatan dan aktifitas siskamling saat ini masih banyak yang tidak aktif. Jadi, guna memelihara dan meningkatkan keamanan lingkungan, kita menghimbau seluruh lapisan masyarakat khususnya Kepala Desa/Lurah serta perangkat desa untuk dapat menghidupkan kembali kegiatan siskamling atau ronda malam ini. Karena, siskamling ini juga mempunyai nilai positif lainnya yakni dapat mempererat tali silaturahim antar warga," tukasnya (Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments