Bhabinkamtibmas Polsek Kota Pariaman Imbau Warga Binaan Waspada Penipuan Sniffing

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Kota Pariaman Imbau Warga Binaan Waspada Penipuan Sniffing

Pariaman, Pionir--Berbagai modus penipuan di zaman digital saat ini kian marak terjadi. Seperti beberapa waktu lalu, viral unggahan warganet tentang penipuan “Sniffing” yang bisa menguras saldo tabungan korbannya, dengan meretas data-data mobile banking si korban.

Kejahat sniffing ini adalah tindak kejahatan penyadapan oleh hacker yang dilakukan menggunakan jaringan internet.

Menyikapi maraknya modus penipuan tersebut selaku Bhabinkamtibmas Aipda Syafril Efendi selalu mengingatkan warga binaannya agar waspada, sekaligus menyampaikan cara mencegah tindak penipuan melalui modus sniffing.

Seperti yang dilakukan bersama warga binaanya di Kelurahan Jawi Jawi II Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Kamis 06 Juli 2023 kemaren.

Syafril Efendi mengatakan, dalam setiap kegiatan sambangnya ia selalu mengimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap modus penipuan dalam jaringan (daring). "Modus sniffing ini tujuan utamanya mencuri data, dan bisa menguras habis saldo di rekening kita,” ucapnya.

Ia pun berharap kepada pemerintah sejauh mana upaya dan strategi pemerintah untuk menjamin keamanan terhadap data masyarakat. Disamping itu masyarakat pun harus betul betul memahami tentang krjahatan sniffing ini.

Karena itu, agar tidak terkena modus penipuan sniffing, maka salah satu yang perlu diperhatikan yakni jangan sembarang download aplikasi yang tidak jelas sumbernya.

Selain itu cek keaslian nomor telpon yang menghubungi atas nama perusahaan. Perlu diingat, masyarakat hanya mengunduh dari sumber resmi yaitu app store atau play store. Jangan gunakan WiFi publik untuk melakukan transaksi keuangan.

“Intinya, kami meminta masyarakat untuk mewaspadai dan mengenali ragam modus penipuan online, yang biasanya terjadi di ruang digital. Seperti phising, pharming, money mule, social engineerin dan sniffing.
Kami mengimbau agar masyarakat jangan terjebak dan menghindari semua modus tersebut,” tandasnya (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments