Bhabinkamtibmas Polsek Kota Pariaman Imbau Orang Tua Waspada Terhadap Kenakalan Remaja

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Kota Pariaman Imbau Orang Tua Waspada Terhadap Kenakalan Remaja

Pariaman, Pionir—Rabu 23 Agustus 2023 Bahbinkamtibmas Polsek Kota Pariaman Aiptu Weskito. MM menyambangi salah seorang warga binaannya Jefri di Kelurahan  Taratak, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

Saat itu perbincangan santai dan penuh suasana kekeluargaan jelas terlihat saat Aiptu Weskito mensosialisasikan tentang bahaya kenakalan remaja.

Menurut Weskito, masa remaja adalah masa pencarian jati diri yang mendorongnya mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, ingin tampil menonjol, dan diakui eksistensinya.

“Di sisi lain, remaja mengalami ketidakstabilan emosi sehingga mudah dipengaruhi teman dan mengutamakan solidaritas kelompok,” imbuhnya.

Jika anak terjerumus dalam hal menyimpang dari hukum, agama, dan norma, akan berdampak negatif untuk pertumbuhan anak dan masa depannya.

“Di masa inilah, bimbingan orang tua dan lingkungan sangat diperlukan agar mereka tidak salah mengambil langkah yang pastinya akan berdampak di masa yang akan mendatang,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Weskito ada faktor lain yang menyebabkan remaja memilik identitas negatif yakni remaja yang diabaikan oleh orangtuanya. Biasanya anak yang diabaikan orang tuanya sudah merasa tidak nyaman dalam rumah, maka mudah terpengaruh oleh lingkungan, misalnya ajakan teman yang membuatnya melakukan hal negatif berupa kenakalan remaja, seperti tawuran atau perkelahian antar pelajar, penyalahgunaan narkotika, obat-obat terlarang dan minuman keras. Kemudian melakukan hubungan seksual atau seks pra nikah dan tindak kriminal yang merugikan orang lain dan melanggar norma hukum, sosial dan agama, ujarnya.

Kita berharap, agar orang tua selalu mengawasi pergaulan anak-anaknya. Termasuk tidak melakukan hal-hal yang tidak berguna seperti keluyuran pada malam hari.

"Awasi pergaulan anak-anak kita, jangan sampai anak-anak kita menjadi korban atau pelaku kejahatan jalanan,” tandasnya (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments