Kapolsek Linggo Sari Baganti Imbau Masyarakat Cegah Kenakalan Remaja di Era Globalisasi

iklan adsense

Kapolsek Linggo Sari Baganti Imbau Masyarakat Cegah Kenakalan Remaja di Era Globalisasi

Linggo Sari Baganti, Pionir--Sejak di  arahkannya pelaksanaan program Jumat Curhat oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sejak Desember 2022 yang lalu, jajaran kepolisian daerah, mulai dari Polres  hingga Polsek secara rutin menggelar program bertajuk ”Jumat Curhat” yang dilakukan  setiap  hari Jumat.

Kegiatan Jumat Curhat tersebut
dihadiri dan pimpinan  langsung oleh pimpinan institusi Polri  itu sendiri , baik di tingkat Polres maupun di tingkat Polsek.

Seperti pelaksanaan kegiatan Jumat Curhat yang di lakukan Polsek Linggo Sari Baganti, Polres Pesisir Selatan, Polda Sumatera Barat, pada Jumat 01 September 2023 kemaren, yang di selengarakan dengan masyarakat nelayan Muara Jambu Kecamatan Linggo Sari Baganti.

Kegiatan tersebut langsung di pimpin oleh Kapolsek Linggo Sari Baganti, Iptu Hendra, SH.MH di dampingi oleh beberapa orang personilnya, seperti
Kanit Binmas Aiptu Syahrial, Kanit Propam Bripka Andi Usman dan para Bhabinkamtibmas.

Pada kegiatan Jumat Curhat tersebut Kapolsek bersama personilnya menampung keluhan masyarakat secara langsung dengan cara humanis, di mana masyarakat bebas mencurahkan isi hatinya terkait permasalahan yang dialami," ujarnya

Pada saat itu, banyak keluhan masyarakat yang disampaikan, diantaranya perilaku generasi muda saat ini sudah banyak meninggalkan tatakrama atau etika dalam kehidupan bermasyarakat.  Kalau kebiasaan ini dibiarkan akan berujung kepada prilaku menyimpang atau kenakalan remaja.

Untuk itu Iptu Hendra mengimbau kepada orang tua untuk meningkatkan pengawasan terhadap anak, tujuannya adalah agar bisa mencegah dan menanggulangi masalah kenakalan remaja tersebut. Karena usia remaja merupakan masa transisi bagi seseorang untuk mencari jati diri. Untuk itu, peran serta para orangtua  sangat berpengaruh dalam membentuk kepribadian anak yang baik, ujarnya.

"Ya, peranan orang tua mempunyai andil besar untuk mencegah kenakalan remaja," ucapnya

Iptu Hendra mengatakan, dimasa modernisasi saat ini banyak membawa dampak buruk terhadap karakter anak, salah satunya adalah pengaruh media sosial. Saat ini hampir semua remaja memiliki akses ke media sosial, seperti Facebook, twitter, instagram, dan lain sebagainya.

Melalui akses inilah remaja dapat terpengaruh oleh konten negatif. Seperti tindakan kriminal dan prilaku menyimpang.

Terkadang para remaja dapat terjebak dalam komunitas online yang merugikan, seperti group pengguna narkoba atau grup tindakan kriminal lainnya.

Oleh sebab itu, melalui kegiatan Jumat Curhat ini, kami mengimbau kepada para orang tua, agar lebih meningkatkan pengawasan kepada anak mereka, agar mereka tidak terjerumus kepada perbuatan yang melanggar hukum, katanya.

"Pengawasan dan pembatasan akan membantu anak untuk mencegah terpapar konten yang tidak sehat dan membantu menghindari pengaruh negatif media sosial. Solusinya, remaja harus di ajarkan bagaimana menggunakan media sosial secara positif,  ungkapnya

Lebih lanjut Iptu Hendra mengatakan, pada kegiatan Jumat Curhat itu, ia juga mengimbau kepada para nelayanan, agar
selalu berhati-hati saat melaut,  utamakan keselamatan dengan melengkapi peralatan keselamatan, serta perhatikan kondisi  cuaca, tukasnya (Firmam Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments