POLRES TANAH DATAR TAK PERNAH LELAH MELAKUKAN IMBAUAN

Polres Tanah Datar Tak Pernah Lelah Melakukan Imbauan

TANAH DATAR, Pionir—Polres Tanah Datar sampai saat ini tidak pernah jenuh dan leleh mengedukasi masyarakat tetap di rumah untuk meredam penyebaran virus corona atau Covid-19. 

Upaya untuk mengedukasi masyarakat kembali dilakukan jajaran Polres Tanah Datar Minggu 12 April 2020, jam 10.00 WIB di Pasar Saruaso, kecamatan Tanjung Emas dibawah pimpinan Kasat Bimmas AKP Mira Eka Putra didampingi oleh Kasubag Humas Iptu Marjoni Usman, SH, beserta tujuh orang personil.

“Kita tidak akan pernah jenuh dan leleh mengimbau masyarakat agar tetap di rumah saat virus corona tengah mewabah. 

Sebab virus corona sudah bisa menular dari orang ke orang melalui percikan cairan dari hidung atau mulut penderita yang batuk atau buang nafas. Percikan cairan ini bisa mengenai benda-benda di sekitar orang tersebut,” kata Mira Eka Putra. 
Ia menjelaskan, orang lain yang menyentuh benda itu kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut bisa tertular virus corona pula. Orang juga bisa tertular Covid-19 kalau menghirup percikan cairan dari penderita yang batuk atau buang nafas. 

“Untuk itulah kita selalu mengimbau masyarakat meminimalkan kontak langsung dan menjaga jarak dengan orang lain. Ini merupakan cara utama untuk menghindari penularan Covid-19. Artinya sangat penting berada lebih dari satu meter dari orang yang sedang sakit,” kata Mira Eka Putra. 

 Ia mengatakan, upaya pemerintah untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran virus corona tidak akan efektif tanpa dukungan masyarakat. Oleh sebab itu pemerintah menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam mengendalikan penularan Covid-19, termasuk dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Juga mengikuti imbauan untuk belajar, bekerja, dan beribadah di rumah. 

Dalam imbauannya Mira Eka Putra juga mengingatkat masyarakat yang pernah bepergian ke daerah yang telah terserang virus corona atau punya riwayat kontak dengan orang yang datang atau orang yang baru pulang bepergian ke suatu wilayah, agar mengikuti anjuran karantina mandiri, karena ada penderita Covid-19 yang tidak menunjukkan gejala sakit. “Mereka tanpa sadar bisa menularkan virus kepada orang lain saat beraktivitas di luar rumah. 

Ini berbahaya, karena sebenarnya kita bisa kerja sehari-hari tanpa tahu kita menularkan ke orang-orang yang imun dan kesehatannya lebih lemah,” terang AKP Mira Eka Putra. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.