DUA PERSONEL POLISI LUAK LIMOPULUAH DIPANTAU TIM POLDA SUMBAR

DUA PERSONEL POLISI LUAK LIMOPULUAH DIPANTAU TIM POLDA SUMBAR

LUAK LIMOPULUAH, Pionir—‘Lakek tangan’ (kiprah) dua orang personel polisi di Luak Limopuluah, yang meliputi kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh dalam menjaga ketahanan pangan, ternyata cukup membuat Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto, MH terkesima. 

Dalam rangka hari Bhayangkara ke-74 Kapolda menurunkan Tim Penilai Polda Sumbar untuk memantau secara langsung kiprah yang dua orang personel polisi di Luak Limopuluah Selasa 23 Juni 2020. 

Pada hari itu Ketua Tim Survei Pengecekan Ketahanan Pangan Polda Sumbar Kompol Nuraida bersama rombongan datang untuk meninjau kolam ikan milik Iptu Al Aswandi, Wakapolsek Luhak, yang berada di Kecamatan Luhak, Kabupaten Limapuluh Kota. 

Ketika dia masih berpangkat pangkat Brigadir Polisi Kepala (Bripka) dan bertugas sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Al Aswandi sempat membeli sebidang tanah pada tahun 2003, yang diolahnya menjadi lahan perikanan. 
Saat itu Al Aswandi berupaya membuat saluran irigasi secara mandiri dengan membelokkan arah air dari sumber air gunung, sehingga dapat membantu masyarakat untuk mengairi sawah milik warga seluas kurang lebih 75 hektar. 

Pada tahun 2003 itu Al Aswandi mulai mengolah saluran irigasi tersebut. Selain dimanfaatkan mengairi persawahan masyarakat seluas 75 hektar, irigasi itu juga manfaatkan untuk membudidayakan ikan kurang lebih sebanyak 100.000 ekor, yang terdiri dari 50.000 ikan patin, 40.000 ikan nila dan 10.000 ikan mas. 

Bahkan setiap kali panen Al Aswandi tak pernah lupa membagikan hasilnya pada masyarakat sekitar. Ternyata apa yang dilakukan Al Aswandi itu mengantarkan ia meraih Kalpataru Presiden RI pada tahun 2014. 

Dalam rangka memasuki tatanan kenormalan baru atau new normal, telah banyak personel polisi Luak Limopuluah yang melakukan beberapa inovasi untuk menjaga ketahanan pangan serta membagikan sebagian hasilnya kepada warga yang terdampak ekonomi akibat wabah Covid-19. 

Inilah yang membuat Tim Survei Pengecekan Ketahanan Pangan Polda Sumbar Kompol Asmita bersama Wakapolres Payakumbuh Kompol Jerry Syahrim, Kabag Sumda Polres Payakumbuh Kompol Russirwan, SH, Kapolsekta Payakumbuh AKP Julianson, SH, Kasubbag personel Bag Sumda Iptu Nilawati, Kapolsek Luhak AKP Amirwan, SH dan lainnya untuk datang melihat secara dekat kolam ikan yang dikelola Wakapolsek Luhak ini. 
Usai meninjau kolam ikan milik Iptu Al Aswandi, rombongan menuju Kota Payakumbuh untuk meninjau lahan peternakan itik petelor milik Aiptu Chandra Hadi, Bhabinkamtibmas Polsekta Payakumbuh. Kandang itik yang dimiliki Chandra Hadi lumayan luas, dalam sehari ia mampu memanen 300 butir telur itik. 

Setiap pagi sebelum berangkat dinas, ia menyempatkan diri untuk memanen telor serta memberi pakan itiknya itu. Setiap kali memanen telor itu, Chandra Hadi tak lupa membagikannya pada masyarakat sekitar. Bahkan di tengah pandemi Covid-19, ia juga ikut memberikan bantuan sembako kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan berupa 10 butir telur itik yang merupakan hasil panen serta beras 5 kg. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.