POlRES BUKITTINGGI PUNYA KOLAM IKAN LELE

POLRES BIKITTINGGI PUNYA KOLAM IKAN LELE 

BUKITTINGGI, Pionir-Belakangan ada pemandangan menarik begitu memasuki halaman kantor Polres Bukittingi di Sapiran, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar). Persis di halaman samping ruang kerja Kapolres Bukittinggi, terbentang kolam terbuat dari beton sepanjang sekitar 20 x 5 meter. Kolam yang dibuat artistik berwarna coklat tua itu kata Kapolres Bukitinggi AKBP Iman Pribadi Santoso, S IK, MH pada Pionir, Selasa pagi 16 Juni 2020, akan dimanfaatkan untuk budidaya pembesaran ikan lele. 

“Kolam ini sengaja kita buat untuk ketahanan pangan, terutama untuk memenuhi akses ketersediaan pangan selama pandemi Covid-19. Untuk itu kita berupaya memanfaatkan lahan atau tempat-tempat kosong di sekitaran markas Polres Bukittinggi ini,” kata Iman Pribadi Santoso. 

Dikatakan Iman, ia sengaja memilih halaman Mapolres Bukittinggi itu, karena untuk budidaya pembesaran ikan lele sebaiknya pada lahan terbuka yang mendapatkan sinar matahari secara penuh, terhindar dari naungan langsung baik itu berupa atap bangunan ataupun tajuk pohon yang menjuntai ke lahan kolam. 

Selain itu kata Iman menambahkan, lokasi budidaya pembesaran ikan lele sebaiknya jauh dari kegiatan pertanian atau perkebunan yang membawa resiko tercemar pestisida. Lagi pula kata Iman menjelaskan, masa panen ikan lele ini pun tidak lama, hanya sekitar 2,5 sampai 3 bulan saja. 

“Bila kita memasukan bibit berukuran 5-7 cm, maka dalam tempo 2,5 bulan ikan lele sudah bisa dipanen setelah mencapai ukuran 9-12 ekor per kg, dan siap untuk kita bagi-bagikan pada masyarakat yang membutuhkan, terutama bagi masyarakat yang terdampak Covid-19,” terang Iman Pribadi Santoso. 

Kolam itu kata Iman, telah diisi bibit ukuran 4-6 sebanyak 5.000 ekor. Pelepasan bibit ikan dilakukan pada Senin siang 15 Juni 2020 bersama Wali Kota Bukittinggi HM Ramlan Nurmatias, SH, Komandan Kodim 0304/Agam Letkol. Inf. Victor Andhyka Tjokro, SIP, Kajari Kota Bukittinggi H. Feri Tas, SH, MHum, Msi, Ketua Pengadilan Negeri Kota Bukittinggi Habsoro Restu Widodo, SH, Penjabat Utama Polres Bukittinggi, dan Perwira Staf Polres Bukittinggi. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.