KAPOLRES SOLOK LARUT DALAM SUASANA IDUL ADHA 

KAPOLRES SOLOK LARUT DALAM SUASANA IDUL ADHA

AROSUKA, Pionir--Jum'at 31 Juli 2020 itu kebahagiaan hari raya qurban yang lazim disebut hari raya Idul Adha 1441 Hijriah tengah dirasakan semua muslim di dunia, termasuk jajaran Polres Solok Arosuka, Sumatera Barat (Sumbar). 

Pada pagi hari itu terlihat Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho SH, S.IK, M.Si beserta keluarga tampak membaur bersama para Kabag, Kasat, seluruh personel, para Kapolsek se-jajaran Polres Solok serta Bhayangkari dan keluarga besar Polres Solok di lapangan apel Polres Solok guna melaksanakan Shalat Idul Adha 1441 Hijriah. 

Saat itu terlihat Azhar Nugroho menyimak dengan serius isi khutbah yang disampaikan Ustad Zul Asri dengan tema : Idul Adha menanamkan nilai-nilai pengorbanan dan keikhlasan pengabdian insan Bhayangkara yang bertaqwa. 
Dalam khutbahnya Ustad Zul Asri mengatakan, ibadah kurban yang diperintahkan kepada umat Nabi Muhammad SAW adalah  ibadah yang mengacu  kepada sejarah qurbannya Nabi Ibrahim A.S. 

Perintah  mengorbankan anak yang dicintainya, Nabi Ismail A.S. yang kemudian Allah gantikan dengan seekor Gibas (kambing) adalah salah satu bukti ketaatan Nabi Ibrahim A.S dalam menjalankan perintah Allah SWT. 

Oleh karena itu, kata Ustad Zul Asri melanjutkan khutbahnya, pelaksanaan ibadah qurban harus diniatkan dalam  rangka takwa dan menjalankan perintah Allah. 

Dikatakannya, di balik ibadah kurban tersimpan makna dan hikmah yang luar biasa diantaranya : kurban merupakan bentuk totalitas dalam  ketakwaan kepada aturan Allah SWT, sebagaimana yang di praktekkan oleh Nabi Ibrahim  Karena inti dari keislaman manusia adalah ketundukan secara total kepada Allah, apapun yang datang dari Allah adalah sebuah kebenaran  mutlak, seluruh perintah Allah akan pasti mendatangkan manfaat bagi manusia dan apapun yang dilarang oleh Allah pastilah perkara tersebut sangat berbahaya bagi manusia. 
Usai pelaksanaan shalat Ied itu dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban, disaksikan langsung Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho dan PJU Polres Solok beserta para Kapolsek sejajaran dan personil Polres Solok. 

Pemotongan hewan kurban dilaksanakan di depan Sat Lantas Polres Solok dengan jumlah hewan sebanyak lima ekor sapi dan tiga ekor kambing. 

Menjelang sore daging kurban itu pun dibagikan kepada masyarakat sekitar Mako Polres dan juga pada personel Polres Solok. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.