WAKAPOLDA SUMBAR KUKUHKAN KEPENGURUSAN POKDARKAMTIBMAS KOTA PADANG DAN KEPULAUAN MENTAWAI 

WAKAPOLDA SUMBAR KUKUHKAN KEPENGURUSAN POKDARKAMTIBMAS KOTA PADANG DAN KEPULAUAN MENTAWAI --- 

MENTAWAI, PIONIR-- Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.I.K, MSi melantik kepengurusan Pokdarkamtibmas wilayah VII yang terdiri dari Kota Padang dan Kepulauan Mentawai, pada Rabu (30/09/2020) di Rocky Hotel Padang. 

Mengingat saat ini kita dihadapkan pada persoalan pandemik Covid-19, maka pelaksanaan pengukuhan Pokdarkamtibmas tetap mematuhi protokol kesehatan. Turut hadir Pejabat Utama Polda Sumbar Dirbinmas Polda Sumbar, Bidhumas Polda Sumbar, Bupati Kepulauan Mentawai, Sekda kota Padang, Kapolres Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kapolres Kota Padang, Forkopimda Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kota Padang, Ketua Pokdarkamtibmas Provinsi, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Tokoh Masyarakat, dan tamu undangan Lainnya. 

Dalam kesempatan itu Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.I.K, MSi "menyampaikan bahwa sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, maka saatnya masyarakat, pemerintah, pemangku kepentingan lainnya untuk melakukan upaya-upaya penangkalan, pencegahan dan penanggulangan ancaman dan gangguan Kamtibmas dengan bentuk kerjasama, maka terbentuk lah forum kemitraan yang disebut Pokdarkamtibmas", katanya. 

Tujuan terbentuknya Pokdarkamtibmas adalah dengan harapan masyarakat dapat memanfaatkan keberadaanya terutama dalam hal pemecahan masalah, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengidentifikasi dan mencari solusi dengan prinsip ADR yang berbasis kearifan lokal", ungkapnya. 

"Selain itu Pokdarkamtibmas dapat memberikan bimbingan dengan penyuluhan kepada masyarakat tentang masalah ganguan Kriminalitas maupun gangguan lainya", teranganya. 

"Selanjutnya kepada Kapolres dan Kapolsek saya perintahkan setelah acara ini untuk segera mengukuhkan Pokdarkamtibmas tingkat Kecamatan, Lurah/Wali Nagari", tegasnya. 

Kapolda Sumbar juga berpesan kepada seluruh pengurus Pokdarkamtibmas untuk : 

1. Jalankan forum rembuk sesuai dengan AD/ART. 2. Kibarkan Pataka forum rembuk keseluruh daerah Sumatera Barat. 

3. Bagun koordinasi yang baik dengan stakeholder 4. Berperan aktif dalam mendukung kebijakan pemerintah daerah Sumatera Barat sesuai amanat dan konstitusi. 

5. Jaga nama baik forum rembuk dan nama baik institusi Polri dimana pun berada. 

Dr. Akmal,SE, M.Si selaku ketua Pokdarkamtibmas kota Padang mengucapkan terima kasih atas dikukuhkannya Pokdarkamtibmas Kabupaten Kota Padang dan Kepulauan Mentawai, semoga setelah pengukuhan ini kita dapat melaksanakan tugas Pokdarkamtibmas dengan baik", ucapnya.  

"Tugas dan fungsi Pokdarkamtibmas terwujudnya Pokdarkamtibmas yang profesional, modren, bermoral dan terpecaya, serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama dalam memelihara Kamtibmas dengan cara mencegah maupun menyelesaikan masalah bersama Polri dan Stakeholder lainya", jelasnya. 

"Pokdarkamtibmas bertugas menyelesaikan masalah mulai dari tingkat kelurahan dengan mengutamakan kearifan lokal", lanjutnya. 

"Kami berharap bisa menyelesaikan tugas dengan cepat tanggap tentu masih berkeordinasi dengan pihak kepolisian", terangnya. 

Sementara itu, Yudas Sabaggalet, SE, MM selaku Bupati Kepulauan Mentawai, juga menyampaikan selamat kepada pokdarkamtibmas yang baru saja dilantik baik itu kota Padang, maupun Kepulauan Mentawai", ucapnya. 

Dengan terbetuknya Pokdarkamtibmas ini merupakan stretegi yang baik untuk bisa terjun langsung ke masyarakat untuk menyadarkan masyarakat akan kesalahan yang dilakukannya dan perbuatan itu dilarang oleh undang-undang dan tentu mengutamakan kearifan lokal", jelasnya. 

"Kepada Pokdarkamtibmas yang sudah dilantik selamat bertugas, lakukan lah tugas sebaik-baiknya sebagai perpanjangan tangan dari tugas Polri dalam menertibkan masyarakat", tegasnya. (*)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.