POLSEK KAMPUNG DALAM AJAK TOKOH MASYARAKAT JAGA KONDUSIFITAS KAMTIBMAS

POLSEK KAMPUNG DALAM AJAK TOKOH MASYARAKAT JAGA KONDUSIFITAS KAMTIBMAS 

PARIAMAN KOTA, PIONIR--- Guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas terkait pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jenderal Polisi Idham Aziz melalui Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto telah mengeluarkan surat telegram terkait pemantapan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas).

Surat Telegram Kapolri yang ditandatangani oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto itu berisikan perintah kepada jajaran Polri untuk mengoptimalkan pencegahanan gangguan kamtibmas sampai kepelosok daerah. 

Hal ini terlihat dari isi Surat Telegram bernomor  ST/1336/IV/OPS.2/2020 dimana Kapolri memerintahkan optimalisasi peran Bhabinkamtibmas dan pengaktifan siskamling. 

Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto dalam keterangan resminya mengatakan bahwa peran Bhabinkamtibmas harus dioptimalkan apalagi ditengah upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang saat ini masih mewabah di Indonesia. 

"Bhabinkamtibmas itu kan ujung tombak Kepolisian di masyakarat, paling dekat dengan masyarakat," kata Komjen Agus 

Menyikapi hal itu, pada Rabu 6 Januari 2021 Bhabinkantibmas Nagari Gunuang Padang Alai, Polsek V koto Kampung Dalam, Polres Pariaman Kota Bripka Aljayosi melalui giat door to door systim menyambangi Ketua Bamus, Sektretaris Nagari dan tokoh pemuda Padang Padang Alai mengajak secara bersama sama berperan aktif menjaga kamtibmas di daerah tersebut. 

Dalam giat door to door systim itu Bripka Aljayosi menjelaskan, kejahatan/kriminalitas merupakan gejala sosial yang tak kunjung habisnya, mengingat hal itu semakin berkembangnya kehidupan manusia maka semakin berkembang pula kejahatan yang terjadi, katanya. 

Lanjut Bripka Aljayosi mengatakan, kejahatan sebagai fenomena sosial lebih banyak dipengaruhi oleh berbagai aspek kehidupan dalam masyarakat seperti politik, ekonomi, dan juga sosial budaya. 

Untuk mengantisipasi hal itu, tentunya kepolisian tidak bisa bekerja sendiri, butuh dukungan dan peran tokoh masyarakat, pemuda dan masyarakat itu sendiri, untuk menjaga kondusifitas kamtibmas diwilayah masing masing. 

Karna kita yakin peranan tokoh masyarakat mempunyai pengaruh yang sangat besar di lingkungan masyarakat, oleh karena itu kepolisian selalu berusaha jalin silaturahmi dan bermitra dengan tokoh masyarakat guna menciptakan lingkungan yang kondusif,” kata Bripka Aljayosi 

Dalam giat dds tersebut, Bripka Aljayosi juga menghimbau kepada warga binaannya, agar tidak melakukan kegiatan ataupun aktivitas yang negatif seperti mengkonsumsi minuman keras, karena diketahui miras ini merupakan penyakit masyarakat yang juga bisa menimbulkan gangguan kamtibmas. 

“Mengkonsumsi miras dapat membuat pikiran kita menjadi tidak stabil, sampai membuat tubuh kita rentan terkena penyakit,” ungkapnya. 

Bripka Aljayosi menghimbau kepada warga, jika mendengar atau melihat suatu permasalahan yang terjadi agar sesegera mungkin melaporkan kepada pihak yang berwajib atau ke Bhabinkamtibmas, agar permasalahan tersebut dapat segera ditangani secara dini, ungkapnya. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.