KAPOLSEK V KOTO KAMPUNG DALAM PERINTAHKAN BHABINKAMTIBMAS KAWAL POSYANDU

KAPOLSEK V KOTO KAMPUNG DALAM PERINTAHKAN BHABINKAMTIBMAS KAWAL POSYANDU

PARIAMAN KOTA, Pionir—Di masa pandemi Covid-19, posisi pemerintah tak obahnya bagai  makan buah simalakama. Dimana pada masa pandemi ini pemerintah harus mencegah penyebaran Covid-19, namun tetap memperhatikan upaya-upaya menurunkan angka kematian bayi (AKB). 

Untuk itu diperlukan pendekatan yang berbeda untuk mengupayakan kelangsungan pelayanan kesehatan anak dan balita yang dikenal dengan Posyandu. 

Agar keduanya bisa sejalan, yakni untuk mencegah perkebangan Covid-19 dengan menerapkan prinsip pencegahan pengendalian infeksi dan physical distancing, juga diperlukan panduan pelaksanaan pelayanan kesehatan balita bagi tenaga kesehatan di Posyandu, Kapolsek V Koto Kampung Dalam, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Kasman S.Sos MH memerintahkan para Bhabinkamtibmas melakukan pendekatan dan bersinergi dengan Posyandu

Seperti yang dilaksanakan Aiptu Firdaus Bhabinkamtibmas Nagari Sikucur, pada Rabu 3 Maret 2021 dengan masyarakat Bungo Tanjuang Nagari Sikucur yang sedang melakukan aktifitas di Posyandu pagi itu. 

Kata Kasman Pada Pionir, kehadiran Aiptu Firdaus di Posyandu itu untuk memastikan, bahwa tempat pelayanan berupa ruangan cukup besar dengan sirkulasi udara keluar masuk yang baik, adanya engaturan pintu masuk dan keluar dengan jalur berbeda.

Selain itu Aiptu Firdaus harus bisa memastikan area tempat pelayanan dibersihkan sebelum dan sesudah pelayanan sesuai dengan prinsip pencegahan penularan infeksi. 

Kemudian menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun (CTPS), handsanitizer atau cairan desinfektan bagi tenaga kesehatan, kader dan sasaran anak serta pengantar di pintu masuk dan di area pelayanan. Selanjutnya mengatur jarak meja pelayanan, minimal berjarak 1 meter. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments