LOKAKARYA MINI UPAYA TINGKATKAN SINERGITAS DAN PERAN LINTAS SEKTORAL

iklan adsense

LOKAKARYA MINI UPAYA TINGKATKAN SINERGITAS DAN PERAN LINTAS SEKTORAL

BUKITTINGGI, Pionir---Puskesmas Rasimah Ahmad Bukittinggi baru saja mengelar acara Lokakarya Mini (Lokmin) Triwulan 1 Lintas Sektoral di Aula Pertemuan Kantor Camat Guguak Panjang Kota Bukittinggi. pada Senen 5 April 2021

Kegiatan itu  dihadiri Camat Kecamatan Guguak Panjang, Danramil 01 Bukittinggi, Kepala Puskesmas Rasimah Ahmad beserta Staf, Bhabinsa se wilayah kerja Puskesmas Rasimah Ahmad, Lurah se wilayah Kerja Puskesmas Rasimah Ahmad, Para RT/RW, Para Kader beserta Ketua LPM Kec.Guguak Panjang.

Kapolsek Kota Bukittinggi AKP Dedy Ardiansyah P. SH S IK diwakili Waka Polsek Kota Bukittinggi Iptu Rosminarti. SH mengatakan, lokakarya mini ini untuk memelihara kerjasama lintas sektoral dalam rangka melakukan upaya optimalisasai peran lintas sektoral dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan. 

Dikatakannya, Rosminarti membangun kesehatan dalam hal ini meningkatkan derajat kesehatan masyarakat bukanlah tanggung jawab sepenuhnya dilimpahkan kepada instansi kesehatan saja, puskesmas atau rumah sakit, tapi tanggung jawab bersama secara kolektif semua elemen masyarakat, baik yang memiliki keterkaitan langsung maupun tidak, karena kesehatan memiliki relasi dan dampak besar pada semua sektor, seperti ekonomi, pendidikan, sosial dan sebagainya, karena semua hal tidak akan berjalan jika pelaku atau lakon (manusia) tidak fit atau sehat. 

“Tentu dalam menyikapi dan merespon permasalahan kesehatan harus ada keterlibatan semua pihak, terkait untuk bergandengan tangan, memperbaiki sistem dan merubah pola hidup sehat di masyarakat, sehingga apa yang dicita-citakan dapat terwujud,” ungkapnya

Jadi kata Rosminarti menambahkan, lokakarya mini lintas sektoral ini  membangun komitmen, menyatukan misi di tingkatan pemangku kepentingan, camat sebagai pemerintah kecamatan, kepala desa sebagai representasi masyarakat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan puskesmas sendiri sebagai instasi kesehatan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, ungkapnya (Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments