PERSONEL POLSEK KAMPUNG DALAM DAMPINGI SATGAS COVID LAKUKAN CONTACT TRACING

PERSONEL POLSEK KAMPUNG DALAM DAMPINGI SATGAS COVID LAKUKAN CONTACT TRACING

PARIAMAN KOTA, Pionir—Pasca salah seorang warga Korong Kampung Tanjung, Nagari Campago V Koto Kampung Dalam dinyatakan positif Covid-19, Tim Satgas Covid-19 bersama Bhabinkamtibmas Nagari Campago V Koto Kampung Dalam Bripka Feri Fernando, bersama Babinsa Koptu Afriyasdi serta Team Kesehatan Puskesmas Kampung Dalam melakukan cek langsung ke lokasi warga kontak erat dengan pasien tersebut, pada Jumat 18 Juni 2021.

Kata Kapolsek Kampung Dalam, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP. Kasman, S.Sos.MH yang dihubungi Pionir Minggu 20 Juni 2021, contact tracing atau pelacakan kontak ini sangat penting untuk dilakukan karena sarana utama untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. 

Dikatakan Kasman, ini adalah konsep yang digunakan pemerintah untuk mendeteksi jumlah orang yang terinfeksi setelah melakukan kontak dekat dengan kasus positif Covid-19.

“Identifikasi terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 inilah yang merupakan konsep contact tracing atau penelusuran kontak. Secara medis, penularan virus bisa melalui droplet (percikan partikel liur dari batuk, bersin atau saat berbicara), sehingga kontak dekat dengan orang yang terinfeksi virus memungkinkan penyebaran. Yang dekat dengan orang terinfeksi inilah yang berpotensi menyebarkan lagi virus saat berada di kerumunan. Sebab tak jarang di antara mereka bahkan tak menyadari telah membawa virus di tubuhnya,” terang Kasman.

Jadi kata AKP Kasman menegaskan, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 itu perlu dilakukan identifikasi terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 tersebut. (Firman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments