POLSEK SIKAKAP BERSAMA TIM LAKUKAN TRACKING TERHADAP PASIEN COVID-19

POLSEK SIKAKAP BERSAMA TIM LAKUKAN TRACKING TERHADAP PASIEN COVID-19

MENTAWAI, Pionir—Dalam rangka pendataan dan usaha pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 segala upaya dilakukan Kapolsek Sikakap, Polres Kepulauan Mentawai, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Tirto Edhi SH bersama Satgas Penanganan Covid Kecamatan, salah satunya dengan melakukan tracking (penelusuran kontak erat). 

Selain itu Tirto Edhi bersama Satgas Penanganan Covid Kecamatan memberlakukan penerapan 3T (tracking, testing, treatment). Karena menurut Tirto Edhi, hal itu sama pentingnya dengan penerapan perilaku 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak).

Tirto Edhi yang dihubungi Pionir Sabtu 24 Juli 2021 mengatakan bahwa pihaknya pada hari Jumat, 23 Juli baru saja melakukan kegiatan tracing dan tracking pasien positif Covid-19 di Desa Taikako, Dusun Kautek, Desa Taikako.

Menurut Tirto Edhi, berdasar hasil swab dari labor dari RS Unand Padang, dimana pengambilan sampel swab dilakukan pada hari Rabu 20 Juli 2021, seorang warga berinisial WNC (25 tahun), yang merupakan salah seorang mahasiswa, dinyatakan positif Covid-19.

Dikatakan, awalnya pasien membangkang dan menolak untuk dilakukan isolasi mandiri, sehingga merepotkan petugas. Lantaran petugas tidak ingin tindakan pasien akan menimbulkan resiko pada warga yang lain, maka petugas memberikan ancaman pada pasien akan membawa kerumah sakit.

“Pada Kesempatan ini petugas Satgas Covid-19 Kecamatan Sikakap melaksanakan tracking warga yang kontak langsung dengan pasien ini. Terhadap delapan orang yang terdiri dari empat orang pihak keluarga dan empat orang guru tempat pasien praktek dan  langsung dilakukan swab test,” kata Tirto Edhi. 

Sementara kata Tirto Edhi menambahkan, kepada pasien dan keluarga dilakukan isolasi mandiri di rumah sampai hasil swab menunjukan hasil negatif.

“Saat itu petugas melakukan penyemprotan disinfectan di rumah pasien dan sekitarnya. Kemudian petugas memasangkan stiker isolasi mandiri agar masyarakat mengetahui bahwa rumah tersebut sedang melaksanakan isolasi mandiri,” ujar AKP Tirto Edhi. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments