Pemerintah Kecamatan Tilatang Kamang Gelar Rapat Koordinas

Pemerintah Kecamatan Tilatang Kamang Gelar Rapat  Koordinas

BUKITTINGGI, PIONIR--Sebagai bentuk dukungan dan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai kebijakan pemerintah pusat, maka Pemerintah Kecamatan Tilatang Kamang melaksanakan kegiatan Rapat  Koordinasi Satgas Covid-19 di wilayah hukum Polsek Tilatang Kamang, Sabtu (31/7).

Kegiatan tersebut membahas tentang penanganan Covid-19 yang terdapat di Kecamatan Tilatang Kamang dan upaya dalam penerapan PPKM skala mikro yang ada di kenagarian maupun jorong yang ada di wilayah Kecamatan Tilatang Kamang. 

Rapat Koordinasi ini diikuti Ketua Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Ade Harlien S. STP. MSc, Danramil 07 Tilatang Kamang Kapten ARH Herman, Kapolsek Tilatang Kamang Iptu Rommy Hendra K, SH., M.M, Kepala Puskesmas Pakan Kamis dr. Novi Reswita, Kepala Puskesmas Kapau dr. Titi, Wali Nagari Gadut Drs. Masferiadi yang diwakilkan oleh Seknag, Wali Nagari Koto Tangah yang diwakili oleh Seknag Budi Satria, Wali Nagari Kapau Zulkarnaini dan lainnya.

Adapun kesimpulan dari hasil koordinasi tersebut Satgas Covid-19 akan bersurat kepada Pol PP Kabupaten Agam untuk bantuan Armada Damkar, dan BPBD Kabupaten untuk bantuan cairan disinfektan,

Lalu rapat memutuskan akan segera melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh wilayah Tilatang Kamang, walaupun sudah dilaksanakan oleh Satgas Covid-19 Nagari, memberikan bantuan untuk masyarakat yang terpapar Covid-19 dalam melaksanakan Isoman, memaksimalkan Satgas Covid-19 yang ada di kenagarian untuk mendata masyarakat pendatang sehingga dapat dilakukan tes swab/ PCR.

Selanjutnya memaksimalkan dalam melakukan 3T bersama dengan Satgas Covid-19 kecamatan, memaksimalkan pengawasan kepada masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 dalam pelaksanaan Isoman, memperbanyak tes swab kepada masyarakat sehingga dapat meminimalisir penyebaran Covid-19.

Memaksimalkan anggaran Nagari sebanyak 8% dalam penanganan Covid-19 di tingkat kenagarian, akan mengumpulkan MUI/DMI yang ada dikenagarian untuk menekankan kembali terkait prokes dalam pelaksanaan ibadah, melakukan PPKM skala mikro/lockdown terkait wilayah/jorong yang banyak terpapar Covid-19, membuat group WA kepada masyarakat yang terpapar Covid-19 yang sedang melaksanakan Isoman, guna mempermudah pengawasan dan lainnya.

Dalam arahannya Ketua Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Ade Harlien S. STP. MSc, menyampaikan, kepada semua penyelengara layanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik, dan dokter untuk memberikan pelayanan yang maksimal, apalagi kalau berbicara masalah terindikasi Covid-19 tolong untuk dilayani.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Tilatang Kamang Iptu Rommy Hendra mengimbau untuk orang agar mematuhi protokol kesehatan dan meminta kesadaran masyarakat agar lebih aware terhadap kesehatan dan keselamatan orang-orang yang disayangi. Apabila masyarakat yang tetap tidak bisa mematuhi atau melanggar protokol kesehatan maka akan diberikan  sanksi, baik  denda ataupun pidana.

“Kami terus melakukan Operasi Yustisi tiap hari untuk memperkecil dan mengurangi penyebaran virus Covid-19. Serta kami berharap untuk kesadaran semua pihak agar tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan taat pada aturan pemerintah agar Covid-19 ini segera selesai,” ujar Rommy (Firman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments