Raimas Ditsamapta Polda Sumbar Berkeliling di Malam Hari

Raimas Ditsamapta Polda Sumbar Berkeliling di Malam Hari

PADANG, PIONIR--Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polda Sumatera Barat (Sumbar) dalam melaksanakan tugasnya memiliki tim yang tugasnya lebih tegas dalam melakukan tugas, dengan nama Raimas. 

Kata Dirsamapta Polda Sumbar AKBP Achmadi SIK, Raimas merupakan singkatan dari pengurai massa atau disebut juga peleton pengurai massa (Tonraimas). 

Dikatakan, fungsi dari pasukan Polisi Raimas ini antara lain mengurai, membubarkan, menceraiberaikan dan melokalisir massa yang melakukan tindakan anarki sehingga dapat mengganggu Kambtibas. 

“Untuk kejadian seperti balap liar, bentrok massa yang anarkis, hingga penggerebekan kegiatan kriminal pasti menurunkan pasukan Polisi Raimas ini,” terang Achmadi. 

Ia mencontohkan, kegiatan patroli motor (Patmor) yang dilakukan Tim Raimas Ditsamapta Polda Sumbar dalam kegiatan runtin yang ditingkatkan (KRYD) dalam menjaga keamanan wilayah hukumnya pada Minggu dini hari jam 02.00 sampai 05.00 WIB.

Kegiatan patroli pelaksanaan Operasi Aman Nusa dua PPKM Level IV guna mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polda Sumbar yang dipimpin Kasubdit Dalmas AKBP Jefry Indra Jaya SH itu dimulai dari Mako Polda di Sudirman menuju Jalan Lolong- Jala n.Kgatib Sulaiman - Simpang Ketaping By Pass - Lubek – Pondok - Simpang Ratulangi - Jalan Veteran - Siteba - Ampang - kembali ke Mako Polda.

AKBP Jefry Indra Jaya mengatakan, dalam melaksanakan patroli dengan kendaraan roda empat dan 10 unit roda dua itu menyasar tempat-tempat rawan terjadinya C3 (curat, curas, curanmor).

“Saat itu kita juga memberikan imbauan kepada masyarakat yang masih beraktifitas untuk tidak berkerumun dan tetap menggunakan masker. Kita juga melakukan pemeriksaan kepada orang maupun kendaraan yang diduga akan melakukan tindak pidana, serta memberikan tindakan hukuman fisik kepada masyarakat atau para pemuda yang melanggar aturan di masa PPKM Level IV,” ujar Jefry Indra Jaya. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments