Akselerasi Vaksinasi Dit Samapta Polda Sumbar Sukses Sasar Pelajar dan Masyarakat di Kabupaten 50 Kota

Akselerasi Vaksinasi Dit Samapta Polda Sumbar Sukses Sasar Pelajar dan Masyarakat di Kabupaten 50 Kota 

Limapuluh Kota, Pionir - Masih dalam rangkaian Bhakti Kesehatan Bhayangkara Untuk Negeri, Jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) terus melakukan akselerasi program vaksinasi massal di wilayah hukumnya. 

Seperti kali ini melalui Direktorat Samapta Polda Sumbar dengan Gerai Vaksin Presisi menyasar pelajar SMP dan SMA serta masyarakat yang ada di dua kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (23/10/2021). 

Kedua lokasi vaksinasi itu masing-masing terdiri dari SMP Negeri 1 Sungai Naning Kecamatan Bukit Barisan, dan SMA Negeri 1 Harau Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota. 

Dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut, Dit Samapta Polda Sumbar bekerjasama dengan Puskesmas Bukit Barisan

yang dipimpin oleh Kepala Puskesmas beserta  21 personel, sedangkan Puskesmas Harau menurunkan tim sebanyak 40 personel yang dipimpin kepala Puskesmas. 

Direktur Samapta Polda Sumbar Kombes Pol Achmadi, S.Ik menyebutkan, dalam rangka mendukung program pemerintah untuk percepatan vaksinasi guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah hukum Polda Sumbar, Dit Samapta mendirikan Gerai Vaksin Presisi di lingkungan sekolah di Kabupaten Limapuluh Kota. 

Dijelaskan, pengambilan lokasi SMP dan SMA itu guna menyasar siswa-siswi SMPN 1 Sungai Naning Kecamatan Bukit Barisan, 

siswa-siswi SMAN 1 Harau Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota. Selain siswa-siswi, Gerai Vaksin Presisi Ditsamapta Polda Sumbar juga menyasar masyarakat di Kecamatan Bukit Barisan dan Kecamatan Harau. 

Kegiatan yang dimulai pukul 09.30 WIB tersebut, bertujuan agar masyarakat maupun siswa-siswi yang belum divaksin mau datang ke SMPN 1 Sungai Naning dan SMA Negeri 1 Harau Kabupaten Limapuluh Kota. 

Selain itu, bertujuan agar masyarakat yang sedang melaksanakan vaksin merasa aman dan nyaman dengan hadirnya Polri berseragam di tengah-tengah masyarakat

Berbarengan pengamanan juga dilakukan monitoring kegiatan agar berjalan tertib, terutama saat peserta antri untuk vaksin. Kegiatan itu merujuk pada Surat Perintah Direktorat Samapta Nomor Sprint : 295/X/OPS.5.1.1/ 2021 tanggal 23 Oktober 2021 tentang pelaksanaan pengamanan dan monitoring Gerai Vaksin Presisi Direktorat Samapta Polda Sumbar. 

"Pengamanan dipimpin oleh tim pelaksana dan pengamanan oleh Kasubdit Gasum Kompol Dedi Indrawan, A.Km beserta 10 personel Dit Samapta Polda Sumbar dengan dibantu Kasat Samapta Polres 50 kota beserta 15 personel, dan Kapolsek Harau beserta 7 personel," terangnya. 

Selain itu Gerai Vaksin Presisi ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah dalam vaksinasi di Provinsi Sumbar, sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah hukum Polda Sumbar 

"Agar terhindar dari Virus COVID-19, Dit Samapta Polda Sumbar menghimbau kepada masyarakat dan siswa-siswi agar mau untuk divaksin, dan terpenting lagi tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) terutama wajib menggunakan masker dan menjaga jarak tidak berkerumun," tukasnya. 

Seperti diketahui, dalam kegiatan yang dinilai sukses tersebut sebanyak 1034 orang pelajar dan masyarakat ikut vaksin. Peserta yang mendaftar untuk divaksin seluruhnya memenuhi syarat vaksin. Sementara jenis vaksin yang digunakan, terdiri dari Sinovac 706 dosis, Moderna 63 dosis, Coronavac 255  dosis, dan Frezer 10 dosis. (Uk1)

Post a Comment

0 Comments