Kapolres Pasaman Barat Tinjau Longsor di Talamau

iklan adsense

Kapolres Pasaman Barat Tinjau Longsor di Talamau

Pasaman Barat, Pionir--Akses jalan yang terputus akibat bencana tanah longsor di Jorong Paroman Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, sudah bisa dilalui kendaraan, Kamis (11/11/2021) siang.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pasaman Barat, AKBP M. Aries Purwanto, S.I.K., M.M saat meninjau lokasi longsor dan banjir di Jorong Paroman Nagari Sinuruik di Simpang Empat, mengatakan longsor terjadi pada Kamis sekitar pukul 01.30 WIB.

"Akibat kejadian tersebut akses jalan Talu - Panti Kabupaten Pasaman tidak dapat dilewati karena tertimbun material longsor setinggi lebih kurang 3 meter," kata Kapolres.

Setelah mengerahkan dua unit alat berat bersama tim gabungan BPBD, Dinas PU, TNI, PMI dan dibantu masyarakat material berhasil dibersihkan dan sudah bisa dilalui kendaraan.

Kapolres menyebutkan tanah longsor itu mengakibatkan material longsor menimbun akses jalan Talu- Panti serta beberapa lokasi persawahan dan satu unit rumah tertimbun material longsor.

Selain itu, dibeberapa lokasi di Kenagarian Sinuruk juga terjadi banjir akibat meluapnya air sungai karena curah hujan yang tinggi terjadi di Kecamatan Talamau.

Di polongan Enam Jorong Merdeka Nagari Talu juga terjadi pohon tumbang yang juga menghalang akses jalan Talu - Simpang Empat namun setelah beberapa jam kemudian akses telah dapat dilalui karena pohon tumbang sudah di bersihkan dengan menggunakan mesin sinso.

Kapolres langsung melihat lokasi bencana bersama Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, Kapolsek Talamau AKP Junaidi, SH serta rombongan meninjau lokasi longsor dan banjir.

Kemudian di beberapa lokasi di Kecamatan Talamau Nagari Sinuruik juga terjadi banjir akibat curah hujan yang tinggi sehingga meluapan air sungai.

"Sejauh ini kejadian tersebut tidak ada korban jiwa namun kerugian materil belum di inventarisir. Satu unit rumah tertimbun longsor dan puluhan hektar sawah juga terkena timbunan material longsor," ujarnya.

Dari pantauan di lapangan, katanya hujan sudah mulai reda sehingga genangan air mulai susut sehingga aktifitas masyarakat sudah mulai beransur normal.

"Tidak menutup kemungkinan akibat curah hujan yang masih cukup tinggi di daerah Talamau dan sekitarnya akan terjadi lagi banjir atau longsor susulan. Oleh karena itu diharapkan kepada masyarakat tetap waspada," himbau Kapolres.

Kapolres juga hingga pukul 13.00 WIB masih berada di lokasi bencana dalam rangka pembersihan material longsor dan juga meninjau longsor di daerah Parak Kopi dan Rimbo Sakampuang di Jorong Benteng Nagari Sinuruik Kecamatan Talamau. (humas res pasbar)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments