AKP Defrizal : Vaksinasi Kelompok Usia 6 -11 tahun itu Penting

AKP Defrizal : Vaksinasi Kelompok Usia 6 -11 tahun itu Penting

Kinali, Pionir--Jumat 4 Februari 2022, jam 08.30 WIB sampai jam 11.30 WIB itu Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kinali, di Jorong Mandiangin, Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten  Pasaman Barat diramaikan oleh para wali murid sekolah itu.

Sementara itu Kepala SDN 1 Kinali, Muksin S.Pd bersama Bhabinkamtibmas Nagari Katiagan Polsek Kinali, Aipda Herwin terlihat sibuk mendampingi tim Puskesmas IV Koto untuk melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan vaksin anak umur 6 sampai 11 tahun, kepada 65 orang lebih wali murid yang hadir.

Kepada Pionir Kapolsek Kinali AKP. Defrizal, SH.MH mengatakan, langkah pemerintah untuk memberikan vaksin Covid-19 kepada anak umur 6 tahun-11 tahun harus disambut positif.  Karena vaksin tersebut aman dan bermanfaat. 

Menurut Defrizal, vaksin telah melalui berbagai uji klinis, mendapatkan EUA (Emergency Use Authorization) dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), serta telah melalui kajian ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization).

“Vaksin ini aman dan dapat merangsang kekebalan terhadap Covid-19 berdasarkan hasil uji klinik pada kelompok umur tersebut dan telah dipublikasi di jurnal ilmiah dan telah dikaji dengan teliti oleh BPOM dan ITAGI,” ujaar Defrizal.

Ia menjelaskan, berdasarkan pernyataan para ahli kesehatan, efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) sangat jarang dan tidak berbahaya. Namun memang ada ada terasa nyeri di bekas suntikan, bengkak, demam, pusing, lesu, yang akan hilang dalam satu hingga dua hari.  

AKP. Defrizal mengatakan, ada beberapa alasan pentingnya vaksinasi bagi kelompok usia 6 tahun-11 tahun, di antaranya: Kelompok usia tersebut harus belajar tatap muka, sehingga berisiko menularkan bagi diri sendiri, sesama murid, guru, orangtua dan lansia di rumah.

Kemudian kelompok usia ini sudah terbiasa mendapat imunisasi sejak bayi, balita dan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di sekolah mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 5. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments