Kapolres Pariaman Ingatkan Bhabinkantibmas Terus Jalin Komunikasi

Kapolres Pariaman Ingatkan Bhabinkantibmas Terus Jalin Komunikasi 

Sungai Limau, Pionir—Lantaran keberadaan Bhabinkantibmas pada masing-masing desa/nagari dan kelurahan, menjadi ujung tombak yang berhubungan langsung dengan masyarakat, tak mengherankan bila Kapolres Pariaman, Polda Sumatara Barat (Sumbar) AKBP Abdul Azis SIK kerap dijumpai mengumpulkan para Bhabinkantibmas untuk diberikan pengarahan.

Dalam arahannya Kapolres menekankan kepada segenap Bhabinkamtibmas untuk memiliki kepekaan dan ilmu yang mumpuni, sehingga keberadaannya bermanfaat, dan dapat dirasakan baik oleh masyarakat desa atau nagari binaannya sendiri maupun jajaran pimpinan.

“Keberadaan Bhabinkamtibmas di desa atau nagari binaannya harus dapat diakui dan lebih dekat dengan masyarakatnya,” begitu pesan Kapolres  yang kerap disampaikanny pada para Bhabinkamtibmas. 

Kapolres juga memberikan langkah yang harus dilakukan Bhabinkamtibmas, salah satu caranya dengan tetap menjalin komunikasi yang efektif dan berjenjang dengan warga binaan, sehingga bilamana terjadi suatu permasalahan dapat diantisipasi sedini mungkin.

Hal lainnya yang tak kalah penting yang kerap disampaikan Kapolres AKBP Abdul Azis adalah, Bhabinkamtibmas harus dapat menekan terjadinya gangguan Kamtibmas.

Para Bhabinkamtibmas juga diminta lebih disiplin dalam pelaksanaan tugas, dan segera melaporkan sedini mungkin bilamana terjadi permasalahan yang tidak dapat diselesaikan ditingkat desa atau nagari, sehingga permasalahan tidak meluas.

Dari pantauan Pionir imbauan Kapolres Pariaman itu direspon dan ditindaklanjuti langsung oleh para Bhabinkamtibmas Prolres Pariaman. Seperti yang dilakukan Bripka Syafri Nofiardi di Korong Mandahiling, Nagari Gasan Gadang, pada Sabtu 28 Mei 2022.

Kata Kapolsek Sungai Limau, Polres Pariaman Iptu Umar Yani, yang dihubungi Pionir Minggu siang, 29 Mei 2022, saat melakukan sambang warga itu, Bripka Syafri Nofiardi tak lupa menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas, serta mengingatkan warga atas aksi penipuan yang belakangan marak terjadi.

Pada kesempatan itu kata Umar Yani, Bripka Syafri Nofiardi juga melakukan menitoring ketersedian sembako di pasar guna antisipasi terjadinya kelangkaan. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments