Kasat Binmas Polres Pariaman dari Wanita ke Wanita

Kasat Binmas Polres Pariaman dari Wanita ke Wanita


Pariaman, Pionir—Ada hal menarik yang berlangsung pada Sabtu pagi 28 Mei 2022 di Lapangan Apel Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar), di Jalan Imam Bonjol No. 37 Pariaman Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, sekitar jam 7.30 WIB itu.

Dalam upacara sekaligus kegiatan serah terima jabatan Kasat Binmas Polres Pariaman berdiri seorang pria tegap yang merupakan Kapolres Pariaman, AKBP Abdul Aziz SIK. Sementara di hadapannya berdiri dua orang wanita berpakaian dinas lengkap plus dengan balutan jilbab warna hitam.

Kedua Polisi Wanita (Polwan) itu adalah AKP Sumiarti dan AKP Haryani Bahri, SH. Pada hari itu bersangsung serahterima jabatan Kasat Binmas Polres Pariaman yang sebelumya dijabat AKP Sumiarti dan selanjutnya akan dijabat oleh AKP Haryani Bahri.

Serahterima jabatan itu juga diikuti Wakapolres Pariaman Kompol Jon Hendri, SH, PJU, Perwira, Bintara dan personel Polsek Jajaran Polres Pariaman.

Kata masyarakat yang ikut menyaksikan serahterima jabatan itu, dengan adanya serahterima jabatan Kasat Binmas dari wanita ke wanita tersebut, sekaligus membuktikan bahwa ternyata wanita mampu mengemban tugas Binmas untuk mewujudkan stabilitas Kamtibmas yang mantap dan dinamis serta mampu mendukung keberhasilan program-program pembangunan di Kota Pariaman.

Dua wanita yang melakukan serahterima jabatan pada hari itu juga dinilai mampu mewujudkan Polri sebagai inti pembina Kamtibmas dalam rangka mewujudkan stabilitas Kamtibmas dengan berupaya untuk mengembangkan upaya pencegahan dan penangkalan gangguan Kamtibmas melalui sistem keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Pariaman.

 Meski tidak diutarakan secara langsung, namun menjawab pertanyaan Pionir usai upacara serahterima jabatan tersebut, secara tersirat Kapolres Pariaman AKBP Abdul  Aziz seakan meyakini bahwa Polwan juga mampu dalam upaya membina dan menggerakkan masyarakat serta dalam rangka koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait untuk mewujudkan keterpaduan pembinaan Kamtibmas, agar lebih effektif dan effisien serta dapat dijadikan pedoman oleh seluruh pengemban fungsi pembinaan masyarakat.

Kapolres berharap pada Kasat Binmas yang baru AKP Haryani Bahri, mampu untuk mewujudkan stabilitas Kamtibmas yang mantap dan dinamis, khususnya di Kota Pariaman.

Kapolres juga berharap AKP Haryani Bahri mempu meningkatkan kesadaran, sikap mental, kepekaan dan daya tanggap masyarakat tentang Kamtibmas serta peran serta masyarakat dalam pembinaan Kamtibmas terus dibina dan ditingkatkan secara terpadu, terarah dan berlanjut.

AKBP Abdul  Aziz meminta AKP Haryani Bahri dan seluruh personel Polres Pariaman untuk melaksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab, profesional dan loyalitas terhadap kesatuan.

"Jaga soliditas, kekompakan dan kebersamaan baik dengan internal maupun eksternal,” ujar AKBP Abdul  Aziz mengingatkan. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments